10 judul skripsi terbaik di bidang pemrograman di tahun 2018

Seorang mahasiswa manakala ingin meraih gelar di suatu perguruan tinggi harus melewati fase-fase skripsi. Apa itu skripsi?. Skripsi adalah sebuah karya ilmiah berupa penelitian dan data, yang dituangkan dalam bentuk tulisan/makalah. Kadang seorang mahasiswa dalam memasuki dunia skripsi tidak siap, tidak siapnya dari segi pemilihan judul yang mereka kuasai nanti kedepannya. akhirnya ketika judul sudah di ACC oleh dosen, begitu di kerjakan menemui kendala yang sulit. Ujung-ujungnya sekripsi akan molor. Tentu kita tidak ingin hal semacam ini terjadi pada diri kita.

Berikut ini akan saya paparkan mengenai 10 judul skripsi terbaik di bidang pemrograman aplikasi di tahun 2018. Kenapa di tahun 2018?. Karena bisa saja setiap tahunnya akan berbeda-beda sesuai dengan kemajuan teknologi dan standarisasi dari universitas tersebut.

  1. Pemrograman Aplikasi mobile autentication dengan framework flutter dan algoritma face recognition untuk keamanan aplikasi keuangan PT. BKBNurul Fikri.
  2. Augmented reality untuk pengenalan produk industri rumahan minuman carica
  3. Algoritma enkripsi whatsapp end to end sebagai komunikasi dua arah. Studi kasus transfer foto.
  4. Algoritma Self organizing map sebagai pengenalan pola untuk karakter hero di game mobile legend
  5. Aplikasi absensi karyawan dengan face recognition dengan algoritma Jaringan syaraf tiruan?
  6. Algoritma SEO untuk mengukur kinerja konten di worpress di mesin pencari Google, dengan algoritma pagerank
  7. Data mining c-means clustering untuk pengelompokan data siswa di bimbingan belajar nurul fikri berdasarkan sekolah terdekat.
  8. Kecerdasan buatan untuk mencari rute terbaik menuju object. Studi kasus pembuatan game pengeboran minyak bumi.
  9. Algoritma deskripsi untuk menangani gangguan virus ransomeware dalam semua format yang menginfeksi.
  10. Sensor suhu sebagai pendeteksi object panas manusia, dalam impelemntasi robot pelayan restoran.

Judul diatas tidak akan sepenuhnya di setujui oleh dosen, itu tergantung konsep yang kamu buat. karena biasanya mahasiswa di tingkat akhir cendrung lebih pematangan konsep dalam menentukan dan menyelesaikan pokok permasalahan.

Sebenarnya ada beberapa hal yang biasanya mahasiswa tingkat akhir lakukan untuk mendapatkan ide ide judul skripsi yang nantinya dapat di acc oleh dosen :

1. Melanjutkan penelitian dari kaka setingkatnya

Dulu banyak dari teman saya yang memutuskan untuk melanjutkan penelitian dari kaka setingkatnya, hal itu di dasari karena sudah mentok dalam memilih judul yang fresh dan original. Tetapi jika ini kamu lakukan toh ndak masalah, kamu tinggal menentukan algoritmanya dan metode data penelitian yang kamu punya. biasanya poin ini tentunya di haruskan ada fitur baru yang nanti hasilnya tidak sama dari penelitian yang pernah di lakukan kaka setingkatnya.

2. Kemudian berburu skripsi di perpustakaan

Langkah ini ternyata cukup banyak diminati oleh mahasiswa yang sedang memilah-milah judul sekripsi yang akan ajukan nanti ke pada dosen pembimbing. Saya pernah juga melakukan hal semacam ini, tetapi itu di perpustakaan fakultas yang biasanya terdapat arsip-arsip sekripsi dari jaman fakultas itu berdiri.

3. Ikut kegiatan penelitian dosen

Nah.. cara ini cukup jarang di lakukan oleh para mahasiswa tingkat akhir. saya pun tidak pernah melakukan hal semacam ini. Biasanya ini dilakukan oleh asisten dosen yang masih juga menempuh pendidikan.

4. Menerapkan penelitian yang sudah di tepkan pada jurnal luar negeri

Cara ini ternyata cukup jitu untuk dilakukan, sebab tak jarang judul yang di setujui oleh dosen pembimbing justru berasal dari jurnal jurnal di luaran sana, khususnya jurnal luar negeri. Tetapi kendalanya kamu harus bisa bahasa inggis tentunya untuk memahami jurnal tersebut.

5. Melanjutkan penelitian ketika kerja praktek lapangan

Cara ini ternyata masih menjadi cara populer di tahun 2018 ini. kenapa saya bilang populer?.. karena masa-masa kerja praktek adalah masa-masa penggalian ilmu dan studi banding tentang ilmu yang di dapat di kampus dan penerapannyata di dunia kerja. Tidak jarang justru kamu akan menemukan ide-ide fresh dan original dari pengalaman kerja praktek yang kamu lakukan.

6. Bertanya kepada asisten dosen

ini mungkin tidak terlalu berhasil. Tapi tidak ada masalahnya kalau kamu coba. Tentu saja menjadi nilai tambah ya jika kamu bisa mempunya teman yang statusnya sebagai asisten dosen (ASDOS). Disamping dia asdos tentunya banyak ilmu yang akan kamu dapat ketika mempunyai teman asdos. karena secara tidak sadar dia bisa setingkat di atas kita dari segi keilmuannya. Dan tentunya dia dekat dengan dosen, kamu bisa meminta tolong dia untuk menanyakan kepada dosen tentang judul skripsi yang mudah di setujui oleh dosen di fakultas kamu.

Kesimpulannya

Mungkin sebagian dari mahasiswa pada jurusan komputer merasa kesulitan dalam menentukan judul skripsi yang akan di jadikan penelitian mereka. Tetapi disini saya menyarankan, bahwa untuk menentukan judul skripsi, ada baiknya kamu memilih algoritma yang kamu kuasai terlebih dahulu, sebelum nantinya memilih menggunakan teknologi untuk pengembangannya di sisi koding program.

Karena algoritmalah yang menjadi kunci judul kamu layak atau tidaknya dimata dosen pembimbing.

Semoga sharing ini bermanfaat, dan jujur ini saya alami ketika saya memasuki fase skripsi, dan saya sebagai anak informatika pada sebuah universitas swasta di indonesia, akan sangat memahami kalau informasi bisa berubah setiap saat. makanya tetap semangat buat kamu yang lagi atau memasuki fase-fase pemilihan judul untuk melangkah ke progres bimbingan selanjutnya.

About the Author: admin initekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *