7 Text Editor Populer Programmer di Tahun 2018

Terjun di dunia pemrograman saya rasa tidak lengkap kalau belum mengetahui tentang text editor yang banyak digunakan oleh programmer di seluruh belahan dunia. Kita tahu bahwa text editor adalah alat bantu untuk menuliskan baris demi baris code program yang akan kita eksekusi menjadi tampilan dalam bentuk visual.

Beberapa orang yang baru terjun di dunia pemrograman memang penasaran text editor mana sih yang paling bagus digunakan untuk menuliskan kode program.? jika anda menyimak artikel ini sampai selesai anda akan mengetahui jawaban tersebut. Berikut saya tampilkan beberapa text editor yang populer di tahun 2018.

1. VISUAL STUDIO CODE

Visual studio code adalah text editor buatan microsoft. text editor ini mampu menjalankan banyak bahasa pemrograman termasuk bahasa pemrograman terbaru dari google yaitu golang. Jika anda amati untuk menggunakan text editor ini kita diharuskan untuk melakukan instalasi plugin bahasa pemrograman yang akan kita gunakan.

Download Visual Studio Code

2. SUBLIME TEXT

Editor ini adalah editor sejuta umat menurut saya. kenapa dikatakan editor sejuta umat karena mulai dari kalangan akademisi sampai developer profesional mereka menggunakan text editor ini. ada banyak plugin yang dapat anda terapkan dalam editor ini. termasuk dukungan tema yang begitu banyak.

Text editor ini dapat menjalankan semua bahasa pemrograman. tetapi kebanyakan pengguna editor ini berkecimpung di dunia pemrograman website.

Download Sublime Text

3. VIM

Vim adalah text editor yang masuk kategori populer di tahun 2018 ini. Mungkin anda masih asing dengan text editor ini. ya. jika anda pengguna ruby, maka editor ini akan menjadi editor wajib buat anda.

Download VIM

4. NOTEPAD++

Berikutnya Notepad++ siapa yang tidak tahu text editor legenda ini. sejak saya duduk dibangku SMK kelas 11. text editor ini sudah merajai pasar text editor. Dikenal dengan ukurannya yang kecil serta ringan, sehingga membuat para programmer betah untuk menggunakan text editor ini.

Notepad++ dapat menjalankan semua bahasa pemrograman dengan bantuan plugin yang harus anda tambahkan secara manual. dari segi tema tidak banyak variasi yang tertanam pada text editor ini.

Download Notepad++

5. ATOM EDITOR

Salah satu keunggulan dari text editor ini adalah croos platform dapat dijalankan di semua sistem operasi terkini. Dibuat oleh github, dukungan repositori yang sempurna untuk para programmer. Atom menyediakan banyak tema yang bervariasi sehingga membuat penggunanya tidak bosan.

Editor ini termasuk editor favorit di tahun 2018. tapi untuk komputer dengan spesifikasi diatas rata-rata cukup berat untuk menjalankan editor ini.

Download Atom Editor

6. BRACKETS

Text editor ini dapat berjalan di sitem operasi windows, linux dan mac os x. Text editor ini bersifat open source. di fokuskan untuk pembangunan website. baik front end maupun back end. Keunggulan dari editor ini adalah mempunyai dokumentasi yang sangat lengkap dan rinci. Mungkin tidak kalian temukan di text editor lain.

Download Brackets

7. KOMODO EDITOR

Yang terakhir yaitu komodo edit. Editor ini adalah salah satu editor favorit saya ketika saya mulai menekuni pemrograman website.Editor ini sekarang sudah menjadi editor populer dan handal untuk menangani penulisan kode program. Dengan dukungan banyak bahasa pemrograman terkini seperti perl, go, python, nodejs, ruby dan lua, editor ini mampu menjadi editor populer di tahun 2018.

Download Komodo Edit

KESIMPULAN

Dalam pembahasan kali ini saya mengambil kesimpulan bahwa untuk memilih editor yang bagus itu tidak mudah bahkan anda harus mencobanya satu persatu untuk menangani penulisan kode program yang anda buat. Dalam kasus ini saran saya pilihlah text editor sesuai dengan kebutuhan anda, tetapi jangan pula di pusingkan oleh pemilihan text editor, karena program yang handal tidak dilihat dari sisi text editor, melainkan dari bagaimana anda membangunnya dengan penguatan algoritma yang tepat.

Kalau saya masih menggunakan sublime text untuk menangani proyek kecil menengah. jika proyek anda sudah besar mungkin anda bisa menggunakan visual studio code atau atom editor.

Selesai sudah pembahasan artikel pada sesi ini. semoga dapat bermanfaat buat anda pembaca. Artikel ini ditujukan untuk kalangan umum dan kalangan akademisi di dunia komputasi.

You May Also Like

About the Author: admin initekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *