Belajar Version Control System Adalah Jutsu Wajib Programer Milenial #Bagian1

Initekno.com – Version control bisa dibilang jutsu untuk kolaborasi dengan programer lain yang sama-sama menggunakan jutsu kolaborasi. Nah sekarang pernahkan selama kuliah di bidang komputasi kamu di ajarin jutsu ini? Jawabannya pasti berbeda-beda. Tetapi kebanyakan mereka belom benar-benar mendalami jutsu kolaborasi ini.

Dalam artikel kali ini saya akan membahas tuntas penggunaan justru kolaborasi ini, karena untuk menjadi programmer di tahun 2019 ini kamu musti menguasai jutsu ini. Disini saya kan menggunakan version control system GIT. karena kemudahan dan manfaat yang begitu banyak, Sehingga akan meningkatkan produktifitas dan mengelola berkas kode kamu dengan sangat rapih. saangat rapih.

Pengenalan GIT

Git adalah salah satu version control yang di ciptakan oleh linus untuk mendeteksi adanya perubahan dan penambahan pada source code yang kamu buat. Ini berguna sekali jika project yang kamu kerjakan banyak orang terlibat di dalamnya.

Manfaat GIT Dalam Version Control

Dengan git kamu bisa mengatur lalulintas kode kamu dengan baik, melakukan brancing di setiap orang yang terhubung dengan kode kamu. menggabungkan fitur aplikasi yang telah di buat dari rekan kerja kamu dan masih banyak lainnya.

Instalasi GIT

Download GIT di situsnya langsung. Jika kamu penguna windows seperti saya maka pilih download for windows. Kemudian install, klik next seperti biasa sampai Finish.

Setelah selesai installasi gitnya, nanti kamu akan menemui Git Bash pada windows menu seperti ini :

Klik Git Bash dan akan tampil CLI Git seperti berikut ini :

Konfigurasi GIT

Sebelum menggunakan git kamu harus melakukan konfigurasi berupa email dan username yang nantinya kan kamu gunakan untuk layanan repository pihak tiga, seperti github, butbucket dan gitlab. Silahkan ketik kode seperti berikut untuk bermain dengan konfigurasi pada git :

Buat Repository Lokal

Jika kamu sudah melakukan konfigurasinya maka langkah selanjutnya membuat repositori lokal. seperti berikut ini:

Brancing dan penggabunga pada git

dalam git ada yang namanya penggabungan atau brancing, dimana masing-masing orang mempunyai brancing sesuai dengan namanya dan dalam brancing tersebut adalah pekerjaan orang tersebut sebelum nantinya di gabungkan ke branch master. master adalah branch utama pada git.

Layanan Repository

Ada beberapa layanan version control berbasis user interface diantarnya yaitu:

Github : Adalah flatform untuk komunitas dan tadinya bersifat open source. tetapi sekrang dibatasi untuk penggunaan private terutama.

sumber : github.com

Bitbucket : Ini yang saya gunakan untuk menyimpan manajemen repository saya. dan banyak fitur yang hadir disini, termasuk membuat repo secara private dan fitur buat team.

sumber : freelogovectors.net

Gitlab : Ini termasuk layanan baru. dan sekarang banyak yang berail kesini dari 2 diatas. fitur yang di hadirkan sangatlah lengkap. termasuk melakukan import repository dari layanan lain semisal github dan gitlab.

sumber : about.gitlab.com

Agar tidak terlalu panjang maka artikel saya cukupkan sampai disini dulu dan silahkan untuk mengikuti artikel kelanjutannya.

Belajar Version Control System Adalah Jutsu Wajib Programer Milenial #Bagian2

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel disini. setidaknya kamu sudah bisa mengetahui dasar dasar dari git dan yang terpenting sudah bisa memahami apa itu version control dan cara penerapannya dalam team. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *