Belajar Version Control System Adalah Jutsu Wajib Programer Milenial #Bagian2

Initekno.com – Melanjutkan artikel yang lalu yaitu tentang GIT version control adalah jutsu wajib yang harus di miliki oleh programmer milenial, silahkan untuk membacanya di link berikut ini :

Belajar Version Control System Adalah Jutsu Wajib Programer Milenial #Bagian1

Membuat Akun Bitbucket

Pertama buka situs bitbucket terlebih dulu. Sediakan email untuk bisa melakukan registrasi pendaftaran anggota baru. Dengan cara klik Get Started

Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan email dan klik Continue dan langkah selanjutnya masukkan fullname, password dan chaptcha google. klik Agre and Sign up

Terakhir yaitu cek inbox email kamu, dan klik aktivasi dari bitbucket. Sekarang email kamu sudah aktif dan coba untuk login dengan email dan password yang telah kamu buat sebelumnya. Sekarang kamu sudah siap untuk membuat repository.

Membuat Repository di Server

Jika kamu telah terbiasa dengan github maka di bitbucket tidak akan jauh berbeda untuk membuat repository. langkah awal pastikan kamu sudah terdaftar pada bitbucket dan sudah melakukan aktifasi akun. Kemudian login menggunakan akun kamu dan klik tambah pada menu sidebar bitbucket. dan pilih repository:

Maka kamu akan disuruh mengisi beberapa keterangan terkait data project yang akan kamu buat di bitbucket, seperti gambar berikut ini :

  1. Ouner  : adalah nama akun bitbucked kamu.
  2. Repositoryname : diisi nama project kamu, misal webperpustakaan
  3. Akses level : ini akan membatasi fitur siapa saja yang dapat mengakses repo kamu. dan sekaligus mengaktifkan fitur forking.
  4. include a readme : pilih with a template
  5. version control : pilih GIT karena kita menggunakan git bukan mercurial.
  6. deskcription : isi dengan keterangan project kamu
  7. forking : pilih siapa saja yang dapat mengakses repo kamu. saya biasanya menggunakan allow forks
  8. projectmanajemen : centang issue tracking dan wiki
  9. Language : pilih bahasa pemrograman yang kamu gunakan untuk membangun project
  10. terakhir klik create repository

Upload Ke Bitbucket

Ada beberapa tahapan yang mudah untuk mengapload file project kamu di bitbucket, salah satunya adalah dengan menggunakan visual studio code. Silahkan download dan instal terlebih dahulu jika kamu belum menggunakan editor visual studio code.

Tetapi cara manual saya rasa perlu kamu tahu terlebih dahulu, sebelum menggunakan cara seperti diatas untuk melakukan commit dan push setiap kali ada perubahan baik kecil maupun perubahan besar di kode kamu.

Buka gitbash kamu dan ketik pada kode berikut ini. untuk konfigurasi bisa di baca di artikel sebelumnya di bagian 1. Pastikan kamu sudah berada pada direktori project website kamu dengan benar. sebelum nantinya kamu mengetik kode di bawah ini :

url_repository bisa kamu temukan di bagian berikut ini:

Link clode repository adalah untuk melakukan sinkronisasi dari project yang akan kamu tuju untuk melakukan upload file dari lokal ke server. dan link tersebut di akhiri dengan extension .git

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya kamu wajib menguasai jutsu ini. Terutama jika kamu seorang developer aplikasi yang bekerja dengan banyak orang. Seperti yang telah dijelaskan diatas, ada banyak sekali manfaat yang kamu dapat dengan menggunakan version control GIT. Jadi harapan saya kamu bisa mengetahui apa itu GIT. Bisa menerapkan git dalam lingkup kerja kamu dan yang terpenting yaitu menggunakan layanan repository berbasis user interface seperti ke 3 diatas dan tinggal pilih saja mau pake yang mana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *