Bermain Dengan Cloud Firestore

Initekno.com – Cloud Firestore adalah basis data fleksibel dan skalabel yang di hosting dan memungkinkan semua client terhubung dengan sangat cepat. Cloud Firestore adalah penyempurnaan dari database realtime.

Perlu di ketahui bahwa Firestore dan Database realtime adalah 2 produk firebase yang berbeda. Cloud Firestore mendukung query dan automatic scaling yang lebih canggih. Apalagi sekarang Cloud Firestore sudah tidak versi beta lagi. Berbeda dengan Realtime Database. Akan tetapi realtime database adalah inspirasi dari tim google untuk mengembangkan Cloud Firestore.

Sesuai judulnya saya akan membahas lebih jauh tentang Cloud Firestore, untuk pembahasan Realtime database akan di lakukan di artikel selanjutnya.

Jika kemaren saya sudah membahas tentang membuat proyek di firebase sekarang kita akan membuat database, tabel dan atributnya, tetapi nanti di firestore istilahnya berbeda yaitu untuk tabel adalah koleksi, lalu apa itu koleksi?.

Koleksi adalah : Kumpulan dokument yang berisi data, Contoh koleksi “siswa” yaitu berisi dokumen unik untuk setiap pengguna.

dan untuk atribut dalam tabel istilahnya adalah document, sampai sini paham ya…

Dokumen adalah : Kumpulan atribut yang berada di dalam koleksi, contoh koleksi “siswa” mempunyai atribut nis, namasiswa , jeniskelamin.

Silahkan baca artikel sebelumnya :

Konfigurasi Firebase Realtime dan Firestore

Membuat Database Baru

Baik.. untuk nama proyeknya kita melanjutkan pada artikel sebelumnya. yaitu proyek firebase dengan nama initekno. silahkan dibuka dan pilih Database pada menu sidebare di firebase . Maka akan tampil seperti berikut ini :

Silahkan klik tombol Buat database, maka kamu akan di suguhi aturan keamanan untuk cloud firestore, silahkan pilih Mulai dalam mode pengujian

Perlu juga di ketahui bahwa dalam firebase ada aturan atau rule yang harus di terapkan ketika kita memutuskan untuk menggunakan database yang terhubung dengan aplikasi kita. dalam kotak merah adalah aturan dalam mode pengujian, artinya ketika ada pengunjung login ke aplikasi kita tanpa login, dia bisa melakukan input dan membaca data, karena dalam rule diatas belum ada mode autentikasi. nanti akan kita bahas lebih jauh tentang mode autentikasi pada rule firebase.

Kemudian klik Aktifkan

Jika sampai sini sudah berhasil maka langkah selanjutnya yaitu membuat koleksi dan documen.

Membuat Koleksi dan Dokumen

Silahkan klik Tambah koleksi dan beri nama  ID Koleksi dengan siswa

Klik Berikutnya untuk melanjutkan proses.

Dari gambar di bawah ini yaitu (Memulai koleksi), kamu akan disuguhi tampilan seperti berikut ini :

 

Untuk ID Dokumen silahkan klik ID otomatis, karena itu akan melakukan generate id secara otomatis tanpa perlu kita atur penamaannya. adapun jika dirasa butuh yang lebih spesifik maka bisa mengisi id dokumen dengan nama dokumen yang kamu inginkan.

Kemudian isikan juga Kolom, Jenis dan Nilai, seperti gambar diatas. untuk kolom sendiri adalah :  “nama atribut dalam dokumen”, untuk jenis adalah: “type data dari atribut yang kamu buat”. Untuk nilai silahkan di isi secara manual dulu katakanlah 1 data sudah cukup. untuk selanjutnya kita isi dari form.

Bagimana jika saya ingin menambahkan atribut? Kamu bisa klik tambahkan kolom. maka akan tercipta satu kolom di bawah, begitu juga seterusnya.

Kemudian klik Simpan

Maka kita akan menjumpai hasil dari koleksi dan dokumen yang telah kita buat seperti gambar diatas. Ini adalah sebagian kecil dari pembuatan koleksi dan dokumen. untuk selanjutnya bisa di coba kembangkan sendiri, yang penting kamu tahu dulu basic dasarnya. ok.. selesai.

Kesimpulan

Harapan saya setelah membaca artikel bagian ini, kamu akan bertambah pengetahuannya tentang firebase. dan yang terpenting kamu sudah bisa membuat koleksi dan dokumen dalam penyimpanan cloud firestore.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa di kembangkan untuk project selanjutnya. Silahkan ikuti terus artikel kelanjutannya, karena saya akan membahas tentang Firebase database realtime.

Bermain Dengan Firebase Database Realtime

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *