Bermain Dengan Firebase Database Realtime

Initekno.com – Firebase database realtime adalah salah satu varian dari produk firebase yang sudah matang untuk di gunakan. Memiliki fitur sinkronisasi yang cepat menjadikan database realtime ini sangat populer digunakan pada kalangan programmer mobile baik android ataupun ios. Kemaren saya sempat membahas produk firebase juga yaitu cloud firestore. Cloud firestore adalah adik dari database reltime, karena cloud firestore diciptakan sebagai pengembangan dari database reltime ini, dan mendukung query scalling yang lebih canggih. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel di bawah ini :

Bermain Dengan Cloud Firestore

Impresi saya ketika merasakan perbedaan antara database realtime dan cloud firestore adalah terletak pada fitur limitnya alias pembatasan fitur pada produk ini, karena saya menggunakan yang versi spark atau gratis, Selebihnya fitur pembeda saja seperti query yang lebih baik di firestore dan sinkronisasi yang lebih cepat di realtime database. Dan berikut gambaran dari rincian paket dari harga firebase :

Kalau kita klik link detail lengkap paket, maka kita akan mendapatkan perbandingan fitur yang di tawarkan dari kedua produk ini. silahkan amati gambar seperti berikut :

Untuk fitur paket cloud firestore yang nomer satu adalah paket spark yaitu gratis. Paket 2 yaitu Flame dan 3 paket Blaze. Saya hanya akan membahas paket spark untuk cloud firestor dan realtime database, dimana paket cloud firestore yang versi gratis bisa dilihat sendiri gambar diatas, bahwa kapasitas yang kita punyai sebesar 1 gb dan bandwidth 10 gb perbulan, penulisan data 20.000 per hari, data yang bisa di tampilkan 50.000 per hari dan terakhir data yang bisa di hapus 20.000 per hari. DiluarĀ  penggunaan dari kapasitas itu maka sistem firebase untuk yang versi gratis ini akan terkunci. dan akan ada pemberitahuan bahwa fitur yang digunakan telah mencapai batas kuota, maka untuk menggunakan fitur yang melebihi dari versi gratis harus beralih ke paket nomer 2 flame atau bisa membayar sesuai kebutuhan yaitu nomer 3 blaze.

Sementara fitur untuk database realtime sendiri seperti berikut :

Koneksi simultan adalah koneksi serentak yang di lakukan client, dan kapasitas untuk ini yaitu 100 orang. Kemudian kamu akan disediakan ruang penyimpanan sebesar 1GB, dan kapasitas data yang dapat di download yaitu 10 gb per bulan, cukup besar si menurut saya, mengingat jenis data yang di hasilkan yaitu json. dan tidak mendukungĀ  beberapa database per project. Hanya paket blaze saja yang mendukung itu.

Itu tadi adalah sedikit informasi perbandingan dari fitur yang kamu dapatkan untuk paket gratis di firebase realtime dan firestore. selebihnya bisa di lihat sendiri di dashboard akun firebase kamu.

Membuat Data di Realtime Database

Silahkan buka database pada menu sidebar di firebase, kemudian pilih Realtime database.

Klik tanda plus

masukkan nama dengan siswa, dan klik tanpa plus (+)

Masukkan nis dan isi nilainya kemudian klik tombol tambah.

maka kamu akan mendapati data seperti berikut ini :

Untuk menambah atribut pada dokumen siswa, misal kita akan menambahkan atribut nama siswa, maka cukup arahkan krusor ke dokument siswa, dan klik tanda plus (+)

Maka kamu akan mendapati data menjadi seperti berikut ini :

Sampai sini semoga kamu bisa memahaminya.

Untuk menghapus atribut dan dokument bisa di arahkan crusor kamu ke file yang akan kamu hapus dan klik tanpa silang (x). Contoh saya akan menghapus data atribut dari document siswa.

Klik hapus untuk melakukan eksekusi.

Kesimpulan

Harapan saya kamu sudah bisa mengerti apa itu database realtime, cara membuat dokument dan atribut di dalam dokument seperti yang sudah di bahas di atas. Ok, semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat buat kamu dan jangan lupa ikuti tutorial selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *