Cara Membuat CRUD Generator Pada Codeigniter #Coding Dengan Cepat

Initekno.com – Kembali lagi di tutorial codeigniter 3. Pada tutorial kali ini berbeda karena kita akan ngoding membuat CRUD dengan sangat cepat menggunakan crud generator buatan harviacode. Mungkin sebagian dari kalian belum tahu apa itu crud generator, dan bagaimana cara kerjanya?. Ok, mari sedikit kembali kepengalaman sebelum menggunakan crud generator.

Dulu mungkin ketika belajar dasar pemrograman database di kampus atau dimanapun itu, kita pasti akan memulai dari menampilkan data terlebih dahulu kedalam tabel, kemudian membuat insert, update dan delete data. Uniknya lagi semua itu di buat secara manul. Semakin kesini, tuntutan pengembangan project semakin besar, tentu saja data semakin kompleks dan tabel bertambah. memang saya merasakan membuat crud secara manual tidaklah efektif dan memakan waktu.

Maka dari itu ada solusinya yaitu menggunakn crud generator, kali ini kita akan membahas itu. pertama, instal dan konfigurasi terlebih dahulu codeigniter kamu. silahkan baca di sini :

Membuat Sistem Informasi Akademik Kampus #Bagian 2 Konfigurasi Codeigniter

Kemudian jangan lupa untuk membuat database dan tabel. Untuk tabelnya silahkan buat struktur tabel seperti gambar di bawah ini, memang untuk bekerja dengan crud generator hal wajib yang harus kamu persiapkan adalah tabelnya

Jangan lupa untuk meletakkan file harviacode yang tadi sudah kamu downlaad pada link diatas pada file root codeigniter. copy dan paste seperti biasa kamu memindahkan file. kemudian masuk ke URL berikut :

http://localhost/sistemakademik_initekno/harviacode/

*sistemakademik_initekno = adalah nama website saya, dan ini bisa disesuaikan dengan nama website kamu. dan harviacode adalah tujuan kita mengarah kesana.

jika kamu amati dan konfigurasi diatas berhasil kamu jalankan, maka kamu akan mendapati halaman yang muncul pada browser seperti berikut ini :

gambar diatas yang di garis merah sebelah kiri adalah nama tabel yang nantinya akan kita generate. sekarang centang serverside datatables, dan centang export excel juga export word. custom controllername dan custome model bisa juga di ubah sesuai kemauan kita. tapi disini saya biarkan default kemudian tekan generate.

Jika kamu ingin melakukan generate semua tabel yang kamu buat, silahkan tekan generate all.

Untuk bagian yang saya beri tanda merah sebelah kanan tengah adalah konfigurasi dasar yang harus kamu lakukan dalam codeigniter untuk menggunakan crud generator ini.

Sekarang kamu bisa menjalankannya dengan url seperti berikut ini :

http://localhost/sistemakademik_initekno/trx_induk

trx_induk adalah nama dari controller saya, sekaligus nama dari tabel yang saya buat diatas. Hasilnya seperti berikut ini.

#Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan :

  1. serverside datatables
  2. bootstrap
  3. cread, read, update, delete, export excel dan export word
  4. Mendukung versi codeigniter 2 dan 3
  5. Cepat membuat struktur code dalam model, view dan controller
  6. Form Validation

Kekurangan : 

  1. Hanya mendukung 2 komponen di html yaitu textarea dan input text
  2. Harus membuat komponen html lain secara manual

#Kesimpulan

Dengan menggunakan crud generator kamu tidak usah pusing-pusing membuat metode view insert update delete data secara manual lagi. cukup  dengan klik generate maka model, controller dan view akan tercipta dalam struktur kode di codeigniter. Intinya ini sangat menghemat waktu pengerjaan project.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *