Initekno.com – Dalam dunia web programming menampilkan data di browser itu hal yang wajar, jika data yang kamu punya masih perjumlah ratusan si itu masih ringan, tapi bagaimana kalau data yang kamu punya berjumlah sampai ratusan ribu, bahkan jutaan data…? tentu browser tidak akan menampilkan itu sekaligus. Jawabannya adalah datatables.. datatables aja tidak cukup, harus dengan serverside, jadi databales serverside.

Daftar Tutorial DataTables Join Table, Keseluruhan :

  1. Datatables Serverside Join Table
  2. Datatables Serverside Join Table Page Resize
  3. Datatables Serverside Join Table Multi Dinamis Atribut

Kali ini saya akan membahas datatables seri awal yang hanya menampilkan data dari beberapa tabel, atau istilah kerennya adalah JOIN TABLE.

Mari kita buat terlebih dahulu struktur tabelnya, kurang lebih seperti berikut ini:

Ketiga tabel diatas saling berhubungan di satu tabel monitoring.

langkah awal buat file index.php, isi itu dengan kode berikut ini:

Dalam kode index.php semua kode saya satukan. termasuk kode ajax , css, dan kerangka html, semua saya jadikan satu dalam file index.php.

Sekarang buat pemrosessan di sisi servernya, buat satu buah file dan beri nama dengan data_server.php

Sekarang kamu telah mempunyai 2 file dalam satu website yaitu index.php dan data_server.php. Pastikan kamu meletakkan kedua file tersebut didalam folder c:/xampp/htdocs/namawebsitekamu

Sekarang coba jalankan pada browser dan pastikan tidak ada error pada kode yang kamu tulis seperti diatas. Oiya karena ada beebrapa paket yang harus terkoneksi internet maka pastikan komputer atau laptop kamu terhubung dengan internet.

DEMO | DOWNLOAD