Initekno.com – Kembali lagi pada tutorial datatables, dan pokoknya dalam situs ini kamu akan diajak membuat datatables dengan berbagai macam fitur. Sebab tanpa kamu sadari ternyata penggunaan datatables serverside cukup membuat beban kerja server semakin ringan. Khususnya yang mempunyai system dengan trafik pemrosesan data yang tinggi.

Kali ini saya akan membagikan artikel datatables dengan fitur hapus data. Tetapi kali ini cara tersebut berbeda, kenapa berbeda?.. kali ini saya menggunakan checkbook, untuk proses cepatnya. Bayangkan jika kamu akan menghapus data dalam jumlah ribuan, dan data tersebut masih dipilah-pilah, tentu kamu akan langsung pucat seketika. hahaha..

Baik, langsung saja buat yang belom baca artikel tentang datatables saya diseri seri sebelumnya silahkan baca terlebih dahulu.

Daftar Tutorial DataTables Join Table, Keseluruhan :

  1. Datatables Serverside Join Table
  2. Datatables Serverside Join Table Page Resize
  3. Datatables Serverside Join Table Multi Dinamis Atribut
  4. Datatables Serverside Scroller Join 2 Tabel
  5. Datatables Serverside Join Tabel Hapus Data

Untuk artikel sebelum ini yaitu seri 4 bisa dilihat disini:

Cara Membuat Datatables Scroller Join ke 2 Tabel dengan PHP dan MySQL

Tanpa basa basi mari kita langsung koding saja. Ketikkan konfigurasi database seperti berikut ini:

Simpan kode diatas, dan berinama dengan config_database.php. Kemudian simpan pada direktori folder website kamu. File ini nantinya akan kita panggil dalam server_data.php dan hapus_data.php

Langkah selanjutnya membuat server datanya sekaligus query ke tabelnya.

Simpan dengan nama data_server.php

Nah.. kali ini agar data bisa terhapus, maka buat juga file baru dan simpan dengan nama hapus_data.php ketik kode seperti berikut ini:

Langkah kita sudah hampir selesai nih. Sekarang tinggal buat file index.php sebagai file Utama yang akan di eksekusi oleh browser, sehingga menampilkan output berupa data. Ketik kode berikut ini :

Seperti pada tutorial sebelumnya, bahwa file index.php ini berisi berbagai kode komponen, seperti css, kerangka html dan JavaScript, dan ini hanya seperti menulis kode yang diulang-ulang saja ko’ tenang, hehe. Sekarang kamu sudah bisa menjalankan kodingan diatas. Jika terjadi error maka coba teliti kembali ya.

Eits, jangan lupa untuk membuat struktur tabelnya seperti berikut ini, Karena query diatas menggunakan berbagai data pada table yang terpisah, artinya join table, maka kamu perlu membuat tabel sejumlah 3 table.

1. Tabel status input

2. Tabel kelas

3. Tabel monitoring

Ketiga komponen tabel diatas sama persis dengan yang ada pada tutorial datatables serverside pertama dan selanjutnya, tabel ini akan saya gunakan untuk tutorial datatables mendatang. Namun jika kamu sudah mengikuti tutorial sebelumnya, maka langkah ini diabaikan saja.

Sekian semoga bermanfaat, jangan lupa untuk melihat demo pada link dibawah. Untuk mendownload komponen lengkap bisa klik button download project.

DEMO DOWNLOAD