Initekno.com – Tak terasa sudah memasuki bulan desember 2019, Sebentar lagi akan memasuki tahun baru 2020. Resolusi apakah yang sudah kamu kerjakan di tahun 2019 kemaren?.. Saya rasa itu tidak usah di pikirkan, yang penting bagaimana caranya kita terus belajar dan praktek, Sebab tidak kita pungkiri lagi bahwa setiap jamnya teknologi berubah begitu cepat, Hari ini belajar teknologi A, besok muncul teknologi B, besoknya lagi muncul teknologi C, dan seterusnya.

Tidak perlu diherankan lagi, sebab memang sudah seharusnya teknologi itu berubah, tinggal bagaimana kitanya apakah skill yang kita punya harus di upgrade atau hanya mengandalkan skill yang selama ini sudah ada..hehehe.. saya rasa kamu tidak mau dibilang kudet (kurang update). Ok, kali ini saya akan membagi sedikit tutorial tentang pengalaman saya belajar google play console.

Apa itu Google Play Console ?

Google play console adalah : Sebuah listingan toko, dimana kita akan disediakan sebuah lapak untuk mendistribusikan produk kita kepada semua orang di seluruh negara, tetapi produk ini berupa aplikasi mobile dengan format .APK dan AppBundle yaitu .AAB, silahkan searching lebih lanjut perbedaan .apk dan .aab, agar nantinya kamu tahu poin-poinnya.

Untuk langkah awal membuat halaman pengembang di google developer console, pastikan kamu membuat akun terlebih dahulu caranya kunjungi link berikut ini : https://play.google.com/apps/publish/signup/

maka akan tampil jendela seperti berikut :

Ada beberapa tahapan yang harus kamu lalui untuk membuat akun developer console, singkatnya kamu di haruskan membayar biaya registrasi sebesar 25$ atau sekitar 350rb lebih sedikit jika di rupiahkan. Pembayaran menggunakan kartu kredit. Kemaren saya mengunakan jasa orang lain untuk membuat virtual creadit card (VCC), waktu itu saya harus membayar seharga 440rb ke penyedia vcc tersebut. Informasi vcc di sini link berikut ini :

VCC Google Play Developer

sebagai alternatif bisa juga di link berikut ini :

https://vccmurah.net/vcc-google-play-developer-untuk-upload-apk/

Setelah kamu mendapatkan nomer kartu tersebut kamu bisa langsung ke pembayaran berikut ini pada form registrasi google play developer

Jika sudah benar maka klik BELI. Kemudian kamu akan mendapatkan email bahwa akun google play kamu telah di buat. Sekarang tinggal berkreasi deh. Nah pada langkah ini saya akan langsung ke pembahasan yaitu membuat halaman pengembang google play store.

Halaman pengembang berguna agar informasi dan tampilan toko kamu di playstore lebih menarik, sehingga lebih profesional dan banyak yang mengunduh aplikasi karya kamu.

Sampai tahapan ini silahkan kamu login ke google play developer console, maka akan tampil halaman seperti berikut ini :

Klik Setelan -> Pilih Halaman pengembang, maka akan tampil halaman seperti berikut ini :

Hal yang harus kamu isikan adalah, Teks promosi, situs web, aset grafis dan aplikasi unggulan. Pastikan kamu telah melakukan upload aplikasi yang sudah di setujui dan tayang di playstore.

Jadi poin utamanya adalah pada set grafis, sediakan ikon pengembang dengan ukuran 512 x 512 png 32-bit. dan gambar header dengan ukuran 4096 x 2304 lebih dari ukuran tersebut asset atau gambar akan di tolak oleh sistem. Setelah selesai kemudian klik Simpan yang berada sisi atas.

Hasilnya bisa kamu lihat di URL play store yang juga berada di sisi atas.

Sekian semoga artikel yang singkat ini bermanfat buat kamu yang sedang bermain-main dengan google play console. Jika ada waktu initekno.com akan membahas tentang cara publish file APK atau AAB ke listingan toko pada google play console yang kamu punya, sehingga aplikasi yang kamu buat bisa di unduh oleh banyak orang.