Cara Menampilkan Video Dengan Flutter

Initekno.com – Hai teknoria, apa kabarnya, jika anda adalah programmer android native, tidak ada salahnya untuk mencoba belajar flutter. Kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial tentang cara menampilkan video di flutter dengan memanfaatkan data cloud dan data lokal.

Sebagian orang akan mudah menemukan tutorial tentang menampilkan video di flutter, bahkan pada situs dokumentasi resmi flutter telah dibahas penggunaan video player tersebut. Lantas apa itu video player dalam flutter?…

Video player adalah dependensi yang dibuat dengan flutter untuk mempermudah dalam memanipulasi video, seperti play, pause dan mode full screen. Dalam studi kasus kali ini saya akan menggunakan 2 dependensi sekaligus yaitu video_player dan chewie. Untuk lebih jelasnya silahkan tambahkan kedua dependensi tersebut pada pubspec.yaml letak file tersebut ada di dalam root folder project flutter kamu.

Baca artikel tentang membuat project di flutter

Tutorial Flutter Part 1 # Mengenal dan Instalasi Flutter

Maka isi pubspec.yaml diatas adalah seperti berikut ini:

tambahan itu saya tandai dengan komentar #TAMBAHAN INITEKNO.COM, selebihnya itu adalah kode default dari flutter.

Pada folder lib, silahkan cari file main.dart dan ubah kodenya menjadi seperti berikut ini :

Buat file baru lagi, simpan pada folder lib dan beri nama file itu dengan chewie_list_item.dart kemudian tuliskan kode seperti berikut ini :

Nah, jangan lupa untuk memberikan permission internet kepada file AndroidManifest.xml

Letaknya ada pada direktori android/app/main

Terakhir, buat folder dengan nama videos dan pastikan terdapat video di dalamnya. video itu nantinya akan kita load pada kode berikut ini :

Letak kode ini ada di dalam main.dart

dan konsekuensinya anda harus menambahkan video tersebut pada pubspec.yaml agar bisa di load videonya.

Sekarang coba jalankan aplikasi yang kamu buat dengan cara ketik pada terminal

Pastikan semua komponen berjalan dengan baik, caranya cek dengan mengetik pada terminal

Akhir-akhir ini flutter sering melakukan upgrade engine mereka, alangkah baiknya kamu coba upgrade dulu, ketik pada terminal kode seperti berikut ini :

Sekian artikel yang singkat ini, semoga bermanfaat buat kamu. jika ada error dalam kode kamu silahkan tulis di komentar atau bisa kirim email ke saefulmujab.nf@gmail.com. Mungkin jika kamu berminat untuk mempelajari lebih lanjut tentang flutter, kamu bisa bermain kode project yang saya buat di sini :

My Portofolio # Aplikasi Mobile Android dan ios Megatim1App

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *