Belajar ES6 Bagian2 : Apa itu Const, Let dan Var dalam ES6

Initekno.com – Pembahasan kali ini yaitu mengenai const, let, var dalam ES6 versi 2015. Yaitu mengenai cara mendeklarasikan variabel. Untuk kamu yang langsung kehalaman ini silahkan membaca terlebih ahulu belajar ES6 Bagian 1, pada link di bawah ini :

Belajar ES6 Bagian1 : Pengenalan Dasar ES6

Sebelum kamu belajar dengan ES6, mungkin kamu hanya punya satu cara untuk mendaklarasikan variabel dalam javascript, dan itu dengan kata kunci var. Tetapi kali ini kamu juga punya fitur conts dan let dalam ES6, itulah mengapa kamu perlu belajar di ES6 ini.

Apa Itu Const

Const adalah : Variabel yang didefinisikan dan tidak dapat dideklarasikan ulang atau dipindahkan. Dan jika kamu mencoba menetapkan variabel yang didefinisikan dengan const, maka akan mendapatkan kesalahan alias kode error.

Contoh seperti ini:

Dan jika kamu membuat variabelnya dengan object maupun array, maka kamu dapat mengubah nilai dari properti atau elemen yang dimilikinya.

Contoh seperti ini menggunakan object :

Dan kode jika menggunakan Array.

Perlu kamu ketahui bahwa Variabel yang dideklarasikan dengan menggunakan const adalah scoped blok, yaitu kode ini hanya dapat di akses di dalam blok yang dideklarasikan. Lingkupnya yaitu tempat kamu dapat mengakses variabel dalam kode yang kamu buat. Seperti contoh berikut ini:

Keterangan : Jika kamu mencoba mengakses variabel dari fungsi, kamu akan mendapatkan kesalahan bahwa kode tiak terdefinisi, tetapi jika diluar fungsi maka kamu akan berhasil menampilkan nama PeterSarjito.

Apa Itu Let ?

Lets adalah : Variabel yang dapat di pindahkan, tetapi tidak dapat di cetak ulang

Contoh penulisannya :

Dan jika kamu mencetak ulang seperti ini, maka kode akan error.

Sama seperti halnya const, dalam let variabel yang dideklarasikan adalah scoped blok, yaitu mereka hanya dapat diakses di dalam blok yang di deklarasikan. Misalkan jika kamu menggunakan variabel let dalam perulangan, maka kamu bisa mengakses variabel di luar perulangan. contoh kode seperti ini:

Saya akan memberikan contoh yang lebih menarik lagi dengan let. Tulis kode berikut ini

Silahkan coba jalankan pada browser kamu. Itu dia kelebihan dari let. karena kamu akan mudah bekerja dengan looping apa bila mendapati element yang mempunyai nilai banyak sekaligus.

Mengenal Var Secara Mendasar

Var memang cendrung digunakan sudah lama dalam Javascript, tetapi salah satu masalah utama dari mendeklarasikan variabel in, adalah cakupannya. Jika kamu mendeklarasikan variabel apa pun di luar fungsi dengan var, itu akan dicakup secara global. Tetapi jika kamu belajar menggunakan react nantinya, kamu tidak akan banyak menggunakan var, jadi var mungkin sebagai basic pengetahuan tambahan saja

Ini berarti kamu dapat mengakses variabel itu dari fungsi dan blok lain. Sebab ini membuat kode kamu rentan terhadap bug dan sulit untuk kode debug. Terutama jika kamu menjalankan banyak skrip pada satu halaman.

Contoh penulisannya :

Var bisa juga di deklarasikan ulang seperti berikut:

juga bisa di tetapkan kembali seperti ini, dan jika di jalankan tidak akan ada kesalahan dalam kode itu.

Kesimpulan

Dengan memahami const, let dan var dala ES6 atau ecma script 6 versi 2015, kamu telah belajar dasar dasar yang akan sangat penting dan banyak di gunaka kedepannya. Saran saya, const harus menjadi opsi pertama kamu ketika mendefinisikan varibel dalam javascript, kecuali kamu tahu bahwa nilainya akan berubah. Jadi intinya gunakan let hindari var, karena jika kamu belajar react kamu jarang sekali menggunakan var. Kemudian gunakan const jika variabel yang nilainya statis atau tidak berubah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *