Initekno.com –  Assalamualaikum, ditahun 2019 kemaren alhamdulillah initekno.com berkembang sangat lambat, hahahaa.. Penyebabnya adalah kurang melimpahnya konten dalam blog ini. Tapi ya sudahlah, sekarang telah memasuki tahun 2020 saatnya untuk initekno.com kembali mengembangkan sayap, dan selalu bisa bermanfaat buat orang lain, mohon dukungannya teman-teman pembaca, hahaha…

Baiklah, kali ini pembahasannya agak sedikit beda, tetapi tidak jauh-jauh dari coding. Jadi gini, Pernahkah kamu merasakan apa yang saya alami?..what!.. maksudnya?.. kenapa tiba-tiba tanya begitu ?!..santai bro..santai, tarik nafas dalam dalam lalu keluarkan..

Jadi gini, sebagai seorang codingers, kadang saya sering bingung dan blank hanya untuk sebuah fitur sederhana dalam sistem yang saya buat. Mungkin kamu tidak akan mengalaminya, tapi ini seandainya kamu mengalaminya maka buka saja artikel ini..hehe

Berikut adalah hal-hal yang saya alami :

#Membuat Alert Confirmasi Tentang Hapus Data

Hal sepele pertama yang kadang sering bikin pusing adalah membuat alert confirmasi penghapusan data, ini sebenarnya sangat simpel dan mudah untuk diterapkan, tapi kadang mendadak suka hilang di otak saya uy.. haha

Untuk membuat alert yang sederhana kerangka kodenya seperti ini,

Untuk penerapan lengkapnya bisa dilihat seperti ini:

kode diatas menggunakan link sebagai media komponennya, dengan begitu ketika id dalam row terpilih, dan tombol gambar tong sampah di klik, maka otomatis alert javascript akan muncul, yang memberikan informasi “apakah kamu akan menghapus data ini?

#Menampilkan Tulisan Besar Pada Form Inputan

Kadang untuk inputan data tertentu membutuhkan yang namanya font uppercase / font besar, artinya ketika kita menginginkan untuk user menginput data dengan font besar, ternyata ada sebagian yang caps locknya tidak di nyalakan, hasilnyapun tulisan menjadi kecil/default, dan membuat data menjadi tidak seragam besar kecilnya, maka dari itu untuk menerapkan inputan tulisan besar, kodenya seperti berikut :

Dan jika kita terapkan pada kerangka form HTML5 maka menjadi seperti berikut ini

#Menampilkan Tanggal Otomatis

Yang terakhir yaitu cukup rumit, tapi jika kamu sudah membuatnya sekali tidak perlu membuatnya berulang ulang. cukup panggil saja functionnya. Nah untuk kodenya kurang lebih akan seperti ini:

Kode diatas akan menampilkan tanggal, bulan, hari dan tahun dengan format negara indonesia, penerapannya tinggal kamu panggil saya function seperti ini:

Dan permasalahan selesai. Jika kamu mengalami hal serupa atau permasalahan yang lain silahkan komentar di bawah artikel ini, siapa tahu bermanfaat buat para pembaca diluaran sana.

Kesimpulan

Jadi intinya jangan sampai kalian seperti saya, tapi kalaupun ada, toh pasti kamu punya permasalahan sepele dalam pemrograman yang lain, dimana kadang kamu mau menerapkan itu susahnya setengah mati, padahal kamu sudah pernah menerapkannya,, hahaha. baiklah semoga artikel ini menjadi pelajaran berharga.

Sekian dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.