Inilah 7 Framework CSS Terbaik di Tahun 2018 versi initekno.com

Berbicara mengenai design halaman website, tentu tidak terlepas dari kode-kode css yang semakin banyak. Ditambah lagi biasanya client meminta agar website pesanannya sudah mendukung semua device dan semua browser. Dari sini maka initekno.com memberikan informasi tentang daftar framework css yang sekarang sedang populer di kalangan developer website.

Pernah suatu saat ingin membuat website tetapi hanya menguasai teknik back-end nya saja, maka website tentunya akan berantakan. Secara keseluruhan back-end dan front end sangat diperlukan manakala seorang ingin serius menekuni dunia pemrograman website, karena ini berkaitan dengan proses di balik layar maupun di depan layar. Contoh saja, ketika seorang mengunjungi situs facebook, maka halaman awal yang akan tampil pada browser adalah login page dan registrasi.

Kenapa bisa sedemikian rapih. jawabannya tentu saja yaitu peran css didalamnya. Sehingga tampilan front end user menjadi bagus dan rapih. Tetapi kaitannya dengan artikel kali ini apa?.. tentu saja ketika website yang kamu buat mempunyai tampilan rapih dan enak di pandang, maka user akan berlama-lama di halaman website anda.

Apalagi biasanya website mencerminkan suatu perusahaan atau brand yang tertanam di dalamnya dalam bentuk konten. Maka tentu saja itu harus mempunyai daya tarik dan daya beli yang bagus. Maka dari itu ada beberapa framework css yang dapat memenuhi kebutuhan seperti diatas, diantaranya yaitu :

1. Bulma

Bulma merupakan generasi fraework css yang cukup lama. tetapi mulai berkembang menjadi pesat dengan berbagai fitur yang di tanamkan dan terus di perbaharui

Kamu bisa menuliskan struktur template seperti ini pada bulma css :

Download Bulma

2. Bootstrap 4

Siapa yang tidak tahu bootstrap?.. apa lagi kini bootstrap telah menjelma menjadi versi 4 dengan segudang fitur yang menawan. Oleh sebab itu saat ini bootstrap masih mendominasi untuk kategori framework css. Sebab masih banyak pengembang web yang mempercayakan design layout dan tampilan luarnya dengn bootstrap

Dan berikut penulisan awal untuk struktur template pada bootstrap 4 :

Download Bootstrap 4

3. Materialize

Materialize adalah framework ala google user interface. Semua komponennnya bisa dibilang kekinian..jaman now lah pokoknya. Materialize menganut material design dalam user interface yang di suguhkan. Jika kalian ingin membuat website dengan tampilan yang ala-ala google maka framework css ini patut kalian coba.

Untuk kerangka template dasarnya sendiri bisa di tulis seperti ini:

Download Materialize

4. Smantic ui

Smantic ui adalah framework kesukaan saya. Sebab framework ini bisa dikatakan framework dengan segudang fitur di dalamnya. Komponen yang disediakan sangat bervariasi dan sangat memberikan user interface yang kekinian.

Dalam smantic ui kamu di wajibkan untuk memanggil file external css dan javascript dari smantic ui :

Download Smantic UI

5. Uikit

Semenjak menggunakan framework css yang satu ini, saya terpukau dengan fiturnya yang sangat lengkap. Kemudian dari segi tampilan sudah sangat enak untuk di pandang.

Sama seperti yang lain penulisan template dasar di uikit sangat sederhana, sehingga menjadi seperti ini:

Download UIkit

6. Foundation

Walaupun tidak pernah menggunakan framework ini. nyatanya framework ini masih menjadi primadona di kalangan designer website di belahan dunia sana.

Untuk penulisan struktur templatenya sendiri yaitu seperti berikut ini:

Download Foundation

7. Metro UI CSS

Yang terakhir yaitu metro ui css. Jika anda pengguna windows maka anda akan terkagum kagum dengan framework css ini. Pasalnya tampilannya bisa mirip dengan windows 10. Bahkan anda bisa membuat tampilan website anda seperti layaknya menggunakan user interface windows di browser.

Basic struktur dasar dari metro ui css adalah seperti berikut ini :

Download Metro UI CSS

#Kesimpulan

Pada dasarnya semua framework css diatas adalah sebagai pemanis tampilan. Tentu saja tidak menutup kemungkinan jika kalian ingin menggunakan css secara murni tanpa bantuan framework ini. Tetapi memang disarankan dalam pembangunan sistem website yang kalian buat melibatkan salah satu framework css diatas, agar kinerja kalian tidak terhambat hanya di satu sisi saja.

Semoga artikel ini bermanfaat walaupun sedikti. Tetap ikuti terus perkembangan teknologi seputar dunia pemrograman di situs initekno.com

About the Author: admin initekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *