Seri 8# Membuat Fitur Expor Excel dengan PHPexcel di Codeigniter HMVC

Kurang lengkap rasanya jika saya tidak membahas teknik pelaporan data dengan excel. Salah satu indikator keberhasilan program baik itu berbasis desktop base maupun web base, salah satunya dengan adanya teknik penanganan laporan yang baik. Pelaporan bisa banyak macamnya dari mulai menggunakan teknik pdf, excel maupun dalam bentuk diagram batang.

Tapi kali ini saya tidak akan membahas semua teknik pelaporan itu. Karena itu akan menjadikan artikel ini malah semakin rumit. Teknik pelaporan yang saya gunakan disini adalah teknik konversi ke excel. Dimana data dari database akan kita ubah dalam bentuk data excel, tentunya dengan bantuan PHPExcel.

Anda Harus Berkenalan Dulu

seorang programmer sebuah sistem harus memperhatikan laporan program yang dia bikin. karena program nantinya akan menghasilkan informasi berupa print out. Dari sini kita garis bawahi bahwa aplikasi website yang nantinya akan kita buat wajib mempunyai fitur Expor dara dari excel.

Fitur exspor data dari excel ke tabel telah banyak di gunakan di aplikasi website pemerintahan maupun pendidikan. Dimana untuk pengesahan data dari atasan kalian harus melakukan print out dalam bentuk fisik.

Komponen Tambahan

Tahukah anda bahwa untuk membuat laporan dengan PHPexcel kadang saya sendiri suka bingung harus mulai dari mana, dan tutorial yang beredar di internet kadang ada sedikit masalah. Begitu dapat materinya, ternyata menggunakan konsep MVC. Dulu saya ketika ingin mencari referensi ini sulitnya minta ampun. begitu dapat tiba tiba code error. program tidak jalan. disini saya akan menggunakan library PHPExcel, dimana library ini sangat ampuh untuk membuat sebuah laporan berupa excel baik import maupun export.

Download PHP Excel

Konfigurasi

silahkan download terlebh dahulu PHPExcel. Extrak filenya dan masukkan kedalam aplikasi website kamu. letakkan pada direktori application/libraries pada folder root codeigniter. Hasilnya anda akan mendapatkan sebuah folder PHPExcel dan file PHPExcel.php

Buatlah file baru berisi kode seperti dibawah ini, kemudian simpan dalam ditektori application/libraries. Beri nama filenya dengan excel.php

Kemudian tambahkan lagi file baru, dan masih di folder yang sama, yaitu libraries. Simpan dan beri nama dengan IOFactory.php

Kedua file diatas adalah penunjang untuk penanganan error dari komponen PHPExcel. Tetapi pastikan lagi anda sudah download PHPExcel dan meletakkannya dalam folder application/libraries. Jika itu belum anda lakukan maka sudah pasti kode akan error.

Bagian Controllers

Sekarang coba fokus pada controllers bank_akun.php pada modul bank_akun. Disini modul ini sudah saya buat caranya di artikel sebelumnya. Tambahkan method laporan_konfirm_bayarexcel  tulis kode lengkapnya di bawah ini.

Bagian Models

Pada sisi hubungan database saya akan menambahkan method fetch_data method ini akan menangani quey pemanggilan data pada tabel trovi_konfirmpayment. Kemudian akan di konversi kedalam bentuk excel dengan bantuan PHPExel.

Kesimpulan

Dengan PHPExcel masalah untuk pelaporan sudah teratasi. Sekarang tinggal bagaimana kalian mengatur layout untuk hasil pelaporan yang diinginkan oleh atasan anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin initekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *