Seri 6# Membuat Hak Akses User Login dan Register Dengan Codeigniter 3 Bagian 2

Baik, kita bertemu lagi dalam seri artikel lanjutan untuk pembahasan modul auth yang kemaren tidak selesai dalam satu halaman. Sekarang saya akan membahas untuk penanganan registrasi, tentunya masih dalam modul auth. Jika sekarang anda belum membaca artikel bagian 1, saya sarankan untuk membacanya terlebih dahulu.

( Baca : Membuat Hak Akses user login dan register bagian 1 )

Registrasi adalah langkah-langkah dimana user akan memberikan data kepada sistem untuk kemudian terdaftar dan tercatat dalam database sebagai pengguna yang sah. Manfaat registrasi user apa?..

Dengan melakukan registrasi biasanya anda akan dapat mengakses berbagai fitur dalam sistem. Dimana fitur tersebut di khususkan hanya untuk pengguna terdaftar. Tapi saya merasa artikel ini akan panjang, maka dari itu pembahasan akan saya ulas kembali untuk pembuatan login yang langsung berinteraksi dengan view dan model.

Seperti biasa ada beberapa tahapan dalam tutorial ini.

Membuat Controllers App_Login

Disini saya akan mengulas kembali kode program untuk login, terutama di bagian controllers. Dibagian ini kita akan berinteraksi dengan database login. Untuk cara pembuatan database silahkan baca artikel tentang Membuat hak akses user login di bagian 1.

(Baca: Membuat hak akses login dan register bagian 1 )

Silahkan buka controllers app_login.php yang sebelumnya sudah anda buat. Kemudian Tambahkan method auth untuk lebih jelasnya lihat pada kode dibawah ini:

Dengan method di atas kalian dapat melakukan pengecekan login pada database mysql melalui model. Kode diatas akan membaca inputan dari form login, Kemudian melakukan pengecekan apakah user login sebagai super admin, admin biasa atau member.

Jika terdeteksi adanya login dengan level akses yang sudah di tentukan, maka program akan langsung membuat session userdata. Kemudian program akan mengalihkan halaman sesuai dengan level akses masingmasing user.

Masih di controllers app_login.php sekarang tambahkan method logout. Tulis kodenya seperti berikut ini:

Method login berisi tentang penghapusan session login dan pengalihan halaman untuk user yang sessionnya telah terhapus pada browser.

Sekarang Buat Modelnya

Seperti yang sudah dibawah pada artikel sebelumnya, bahwa model akan langsung berinteraksi pada table melalui kode query. Untuk membaca user yang melakukan input data pada form login, model harus memeriksa level dan user yang terdaftar pada table.

Sekarang buka model untuk modul app_login. Model ini bernama m_login.php sesuai nama artikel sebelumnya pada bagian 1. Ketikkan kode seperti berikut ini:

Perhatikan kode diatas. Terdapat 2 method yaitu method aut_admin dan method auth_member masing masing method melakukan cek data pada tabel yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk mencegah kesalahan akses yang datang pada jika menggunakan metode satu tabel.

Kesimpulan

Kesimpulan kali ini cukup sederhana saja. Pahami cara pemanggilan database dari model ke controllers. Sehingga didapatkan penulisan kode program yang sejalan dengan konsepnya yaitu HMVC.

(Baca : Mengenal Konsep Modular HMVC Pada Framework Codeigniter )

Sekian semoga bermanfaat. Artikel ini akan terus dilakukan perbaikan. JIka ada pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar yang sudah tersedia dibawah konten.

You May Also Like

About the Author: admin initekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *