Membuat WebView di Android Studio Ternyata Gampang

Initekno.com – Kamu sering membaca artikel pada sebuah aplikasi android apk?.. jika ya.. bisa jadi itu hanyalah data dari website yang ditampilkan kedalam aplikasi tersebut. Istilahnya yaitu WebView. Dalam WebView kamu hanya membutuhkan sebuah link menuju halaman suatu website untuk kemudian dibuka dengan menggunakan aplikasi pada smartphone.

Webview akan terlihat bagus manakala design website/blog kamu sudah mendukung fitur responsive, artinya mendukung tampilan multi device. Dari pada penasaran mending kita langsung buat saja menggunakan android studio versi terbaru, dalam artikel ini menggunakan versi android studio 3.5.1

Langkah pertama buat terlebih dahulu project androidnya dan beri nama dengan webviewsaya.

oiya disini saya menggunakan Empty Activity  Klik next untuk melanjutkan, untuk Name yaitu Webviewsaya

package name : com.paketsaya.webviewsaya dan penamaan paket ini terserah kamu yang penting diawali dengan com. dan kemudian nama perusahaan atau developer baru terakhir adalah nama aplikasinya, itu sih format penamaan paketnya secara dasar.

Jangan lupa pilih Language dengan Kotlin dan Minimum API level 14. Klik Finish. dan selesai membuat projectnya, simpel bukan.

Pastikan komputer kamu terkoneksi internet, karena android studio akan mendownload beberapa dependensi tambahan yang di benamkan dalam project kamu.

Langkah selanjutnya Pada MainActivity.kt ketikkan kode berikut ini:

Untuk kode ini silahkan diisi dengan URL website kamu

Pada Direktori res/layout/activity_main.xml. tambahkan kode seperti berikut ini :

Ubah setelan AndroidManifast.xml kamu pada direktori manifests ubah menjadi seperti berikut ini :

setelan ini meliputi users permission internet dan access network state

Tambahkan folder baru pada direktori res dan beri nama xml. Buat dan simpan file xml kamu dengan nama network_security_config.xml simpan pada direktori res/xml

tulis kodenya seperti berikut ini:

Dan…ya, pekerjaan kita hampir selesai. sekarang coba perhatikan bahwa xml network_security_config.xml akan di load kedalam android AndroidManifest.xml kita sehingga webview kita dapat mengakses semua konten yang ada di website kita.

Sedikit tambahan, siapa tahu bisa menjadi informasi penting. Untuk setelan build.gradle (Module:app) saya seperti ini, silahkan disamakan jika ada yang beda. Kemudian untuk setelan build.gradle (Project) biarkan saja default

Sekarang coba jalankan, dengan menekan tombol Alt+Shift+F10 atau klik aja Run pada android studio kamu. Sekian semoga bermanfaat, jadi kesimpulannya biar kamu tahu saja bagaimanasih sebenarnya membuat website kita tampil dalam apk android, gitu aja, simpel bukan.. hahaha. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu diluaran sana yang sedang belajar android studio.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *