Cara Membuka MYSQL Dengan Menggunakan Command Prompt (CMD)

Initekno.com – Terkadang seorang mahasiswa pada jurusan teknik informatika diharuskan memahami betul konsep dasar dari sebuah tools yang digunakannya, Bahkan saya pernah sempat melongo ketika sedang mengikuti mata kuliah pemrograman database dasar. Ketika itu hal yang bikin saya melongo adalah terkagum-kagum ketika melihat dosen saya memasuki ruang kerja mysql hanya dengan memanfatkan command prompt pada windows saja.

Ketika itu dia mulai mengetikkan baris demi baris untuk memasuki direktori mysql yang dituju, and then bisa digunakan dengan normal mysql tersebut. Tentu saja seorang mahasiswa yang baru mengenal basis data, akan kebingungan untuk mempraktekkannya ulang. Tapi tenang jika kamu mahasiswa baru yang sedang mendapat matakuliah ini, sebab akan kita bahas tuntas disini.

Pertama pastikan kamu telah melakukan instalasi program XAMPP dikomputer kamu. Silahkan download pada internet dan jalankan layaknya kamu menginstal program pada umumnya.

Sekarang coba masuk kedalam command prompt windows kamu, atau bisa ketikkan cmd dalam pencarian windows start menu. Tuliskan hal seperti berikut ini :

Direktori diatas akan mengakses file yang letakknya berada pada C:\xampp\mysql\bin

Artinya ketika kamu tidak menggunakan program xampp maka hanya tinggal dicari saja letak direktori mysql bin yang ada pada komputer lokal kamu, kemudian tinggal melakukan login dengan cara mysql -u root -p

Dan sampai sini kamu hanya perlu mengetikkan kode lanjutannya saja dengan show databases;

Gambar diatas akan memperlihatkan bahwa ketika kamu melakukan show databases, maka semua database yang pernah kamu buat akan muncul. Dari sini tentu kita tidak akan membukanya semua dong..Nah, berarti kamu cukup mengetikkan use nama_database yang kamu pilih.

Tidak sampai disini bahkan kamu bisa melihat semua tabel yang sudah kamu buat dalam satu database yang kamu pilih. misalkan menjadi seperti ini :

Terakhir baru kita lihat deskripsi tabel dengan sangat detail. Disini misalkan saya akan melihat detail isi komponen dari tabel trx_nilaitf dengan mengetikkan describe_nama_tabel

Ok, jadi begitu saja pembahasan kita kali ini semoga memberikan manfaat buat kamu yang sedang belajar pemrograman basis data mendasar. Terus ikuti artikel dari initekno.com untuk update perkembangan dunia teknologi pemrograman komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *