Menampilkan Data dengan Teknik JSON di PHP dan MySQL

JSON mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu yang sering berkutat dengan pemrograman database. JSON atau Javascript Object Nonation, sering dijadikan untuk teknik pertukaran data dalam pembuatan aplikasi disebabkan pertukarannya yang ringan. Pasalnya dengan JSON ini, pertukaran data semakin cepat dan ringan. terbukti banyak di terapkan di pemrograman aplikasi mobile.

Kali ini kita akan menampilkan data dengan teknik JSON pada PHP. Untuk menampilkan data dengan JSON alangkah baiknya kalau kita mengetahui Format Penulisannya terlebih dahulu, Perhatikan Format JSON dibawah ini :

Format menampilkan 1 data JSON

Format menampilkan 2 atau lebih data JSON

Patikan kamu telah menjalankan webserver XAMPP. Klik start button untuk menjalankan Apache dan MySQL. Maka pada module XAMPP control panel, akan menemui warna dari komponen Apache dan Mysql berubah menjadi hijau, itu menandakan bahwa kedua komponen tersebut siap untuk digunakan.

Buka browser kamu dan ketikkan localhost/phpmyadmin

buat sebuah database baru bernama megatimsatu

kemudian buat tabel tbl_tentor dengan stuktur seperti berikut :

isi tabel diatas dengan beberapa data, semisal saya mengisikannya seperti gambar berikut ini

isi tabel diatas adalah inputan secara menual yang saya lakukan dengan UI (user interface) phpmyadmin. Untuk kedepannya bisa dibuatkan form dalam platform pemrograman mobile menggunakan flutter, berbasis android untuk proses inputannya, sehingga akan mudah diakses.

kemudian masuk ketahapan koding. yaitu buat terlebih dahulu file konfigurasi_database.php

kode di atas menandakan bahwa koneksi ke database sudah dibuat dan ditangani dengan script diatas

kemudian buat sebuah file index.php dan ketikkan kode berikut ini:

berikut adalah hasil dari data yang di tampilkan menggunakan teknik JSON.

Data diatas berdasarkan inputan pada tabel yang sudah saya buat sebelumnya. Selanjutnya kamu bisa menampilkan data ini pada pemrograman android dengan flutter. Mungkin untuk pembahasannya akan di buat dilain waktu.

Kesimpulannya

JSON memberikan sebuah paradigman pertukaran data yang menggambarkan bahwa menampilkan data dengan teknik mereka itu menyenangkan, ringan tanpa memberatkan kinerja server. Karena berbasis teks sehingga pertukaran data tidak memakan waktu lama, alias load time yg minim.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.. dan tetap semangat dalam belajar

You May Also Like

About the Author: admin initekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *