Mengenal Framework Untuk Pembuatan Aplikasi Mobile Multiplatform

Teknologi telah merubah dunia menjadi begitu pesat, informasi tersampaikan dengan cepat akurat dan terarah. itu semua tidak lepas dari para developer dunia yang senantiasa mengembangkan alat untuk membangun sebuah aplikasi yang canggih. Kita sebut saja instagram, whatsapp, faceebok, google allo dan masih banyak lagi.

Akan tetapi dunia menyaksikan bahwa pertumbuhan sistem operasi mempengaruhi pengguna smartphone yang beredar di pasaran. Sebut saja android dan ios. Dua platform sistem operasi mobile ini menjadi trend mayoritas pengguna smartphone di zaman ini. Jika itu yang terjadi, maka para developer aplikasi mobile akan terfokus untuk membuat aplikasi yang mereka buat untuk dapat berjalan di 2 platform tersebut.

Dari sini kemudian muncul teknologi pembuatan aplikasi multiplatform. Dimana dengan hanya satu kali coding, para developer dapat menghasilkan 2 aplikasi yang dapat di jalankan pada arsitektur yang berbeda.

Maka perusahaan-perusahaan teknologi sekelas google, facebook dan microsoft seolah-olah berlomba untuk mengembangkan teknologi pembuatan aplikasi multiplatform besutan mereka. Teknologi ini cenderung menjurus ke kerangka kerja yaitu framework.

Jika saya sebutkan framework apa yang mungkin dapat membuat aplikasi mobile dengan satu kali coding. Tentu jawabannya kurang lebih akan tertuju ke 5 framework dibawah ini.

1 Flutter

Dibuat oleh google.inc Flutter digadang-gadang mampu memiliki performa yang lebih baik ketimbang react native. Pasalnya dia tidak menjalankan webview maupun DOM. melainkan benar-benar real native sungguhan. Sehingga mempunyai performa aplikasi yang jauh diatas rata-rata.

Apalagi flutter menggunakan bahasa Dart sebagai fondasi pengembangannnya. Dimana bahasa dart ini sangat mirip dengan c++. Kemudian Flutter telah di dukung oleh banyak arsitektur database.

Jadi Flutter adalah pilihan terbaik buat kamu yang penasaran dengan teknologi terbaru.

Download Flutter

2 React Native

Dibuat oleh Facebook.inc, Seolah tidak ada saingan, React native semakin menjadi framework yang sangat matang yaitu terkenal dengan memanfaatkan penggabungan code antara logika dan tampilan, React native menggunakan bahasa javascript. Dimana bahasa ini sudah umum sekali dan begitu populer di kalangan programmer.

Buat kamu yang butuh dokumentasi pembelajaran lengkap dan komunitas yang banyak, maka react native adalah pilihan yang sangat tepat

Download React Native

3 Xamarin

Dibuat oleh Microsoft.inc. Xamarin menggunakan bahasa C# dalam struktur pengembangannya. Xamarin awal mulanya hanya digunakan untuk membuat aplikasi yang berjalan pada windows phone saja, tetapi seiring berkembangnya android dan ios, akhirnya dikembangkan juga dapat membuat aplikasi multiplatform yang bisa berjalan di sistem operasi tersebut.

Download Xamarin

4 Ionic

Ionic menggunakan framework javascript buatan google yaitu AngularJS. Ionic menganut aliran hybrid. Artinya aplikasi yang di hasilkan adalah aplikasi hybrid yang berjalan di lingkup browser, bukan real native, tidak seperti react native, xamarin dan flutter.

Salah satu keunggulan ionic adalah kemudahannya dalam membuat user interface. Karena komponen yang tersaji berada tidak jauh dari struktur pengembangan web site.

Download Ionic

5 NativeScript

Siapa yang tidak tahu Nativscript, sebuah framework yang dapat juga membuat aplikasi kalian dapat berjalan di platform android dan ios. nativescript punya banyak keunggulan sendiri di banding kompetitornya yaitu:

  1. Native performance
  2. Extensible
  3. Easy To Learn
  4. Cross-Platform
  5. Strong Backing
  6. Free and open source

Nativescript dikembangkan oleh telerik. Dalam nativscript kamu dapat memilih framework javascript sesuai dengan kemampuanmu dalam penulisan javascript. Ada dua pilihan framework yang bisa kamu gunakan, diantaranya angular js atau vue js. Jika kalian terbiasa dengan pembuatan aplikasi hybrid dalam cordova maka di nativescript tidak jauh berbeda lingkup pengembangannya.

Donwload Nativescript

#Kesimpulan

Kali ini saya mengambil kesimpulan bahwa framework diatas sama-sama dapat melakukan pekerjaannya, yaitu melakukan build ke android dan ios dalam satu kali pembuatan kode base.

Tetapi dari segi performa sangat berbeda. Disini saya konteknya membahas mengenai pembuatan aplikasi multi platform..

Jika kalian sedang ingin membuat aplikasi multiplatform, mungkin kalian dapat mempelajari salah satu dari framework diatas.

Sekian artikel yang singkat ini, semoga menambah wawasan kalian akan pentingnya selalu upgrade keilmuan di bidang pemrograman. Khususnya buat mahasiswa komputer tetap semangat dalam koding…

You May Also Like

About the Author: admin initekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *