Seri 2# Mengenal Konsep Modular Hirarki HMVC Pada Framework Codeigniter 3

Codeigniter mamang tidak ada matinya. Semakin hari malah justru semakin bertambah yang mempelajarinya, karena kemudahan dan referensinya yang melimpah. Apalagi dengan adanya teknik HMVC ini, sehingga semakin menambah lengkap fitur dan kenyamanan untuk penanganan project sekala besar yang memerlukan kerja sama antar tim.

Dalam pembahasan kali ini kita akan mengenal dan sekaligus mencoba melakukan konfigurasi menggunakan teknik hirarki, model, view dan controller atau yang biasa disebut HMVC.

Jika dibandingkan dengan framework php lain, seperti Laravel, yii2 dan cakePHP, saya termasuk orang yang kagum dengan framework codeigniter ini. Sebelum mengenal konsep hirarki, saya menggunakan konsep MVC, model, view dan controller saja, tanpa ada embel-embel hirarki. Ketika website yang saya bangun semakin lama semakin mempunyai fitur yang bertambah, malah justru saya semakin bingung dengan manajemen file yang saya bangun.

Saya merekomendasikan anda untuk belajar dengan konsep MVC terlebih dahulu jika anda adalah seorang pemula. Tapi tidak masalah jika anda ingin langsung mendalami dengan konsep HMVC.

Karena ketika saya selesai membuat sebuah fitur dan harus menerapkan fitur tersebut di lain website, justru malah banyak pengaturan yang saya harus lakukan. karena konsepnya bukan di buat per-modul. Akhir cerita, saya mencoba mencari informasi dan menerapkan konsep per-modul layaknya framework djanggo untuk bahasa python. Ternyata ada sebuah formula yaitu HMVC buatan https://bitbucket.org

Teknik ini akan memudahkan anda dalam membuat berbagai pengelompokan modul, sehingga di dapatkan penggunaan modul untuk project website yang akan datang dan semakin efisien. perlu digaris bawahi, bahwa ketika anda memutuskan untuk mempelajari suatu permasalahan, di harapkan anda dapat berfikir dan menyelesaikan masalah tersebut dengan pertimbangan biaya dan waktu.

Sehingga dapat menjadi sebuah kerangka kerja yang bisa menjadikan produktivitas anda dalam pengembangan sistem semakin bertambah. Kemudian kembangkan, sehingga menjadi sebuah keahlian khusus bagi anda dan tim anda.

1# Anda Harus Berkenalan Dulu

ya…… selama ini mungkin anda belum paham betul apa itu hmvc, bagimana cara menggunakannya?, apa hasilnya dapat meningkatkan kinerja kita?.. silahkan lihat gambar dibawah ini. warna merah adalah sebuah wadah dari modul modul yang dibuat. Sedangkan warna hijau adalah sebuah kumpulan dari modul modul sebuah website.

Dalam konsep modular hirarki anda bisa memanajemen file sesuai dengan modul yang sedang anda bangun. Dan pastinya controllers, views dan model tidak lagi di letakkan dalam konfigurasi default codeigniter. Melainkan di setiap modul. Berarti logikanya akan ada MVC masing masing di setiap modulnya.

2# Komponen Tambahan

Dalam membuat konsep model hirarki, anda tentunya membutuhkan komponen tambahan modular extension. Silahkan download terlebih dahulu komponen modularnya. Download Modular HMVC

Komponen ini nantinya akan di konfigurasi dalam root folder codeigniter, hingga modul yang kita buat dapat terbaca oleh kerangka framework codeigniternya.

3# Konfigurasi Pada Kodeigniter versi 3

Disini saya tidak lagi membahas instalasi codeigniter 3 pada webserver lokal. Saya anggap anda sudah mempunyai file codeigniter yang sudah ter-instal

Pertama-tama tentunya pada bagian ini anda harus sudah melakukan instalasi codeigniter pada webserver lokal. langkah ini akan saya abaikan, dan saya anggap kalian sudah bisa. Atau anda bisa membaca artikel ini terlebih dahulu untuk melakukan instalasi codeigniter 3.

( Baca : Tutorial Belajar Codeigniter 3 Untuk Pemula )

Kemudian yang harus anda lakukan adalah konfigurasi terlebih dahulu. caranya gampang, setelah komponen modularnya anda download. Extrak terlebih dahulu, kemudian copy 2 folder core dan third_party. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

paste di project web anda pada direktori C:\xampp\htdocs\namafolderwebsiteanda\application kemudian tekan replace saja, alias tumpuk filenya. Jika anda tidak menemukan direktori tersebut di komputer anda, maka silahkan download dan instal terlebih dahulu webserver lokal ini. Contoh web server lokal : XAMPP, WAMPSERVER, AMPPS, MAMP. Disini saya menggunakan XAMPP sebagai web servel lokal di komputer saya.

sekarang fokus pada direktori C:\xampp\htdocs\namafolderwebsiteanda\application\config\routes.php   ubah kodenya menjadi seperti ini.

jangan lupa menambahkan url dan file pada file autoload.php file ini berada pada direktori folder config juga. C:\xampp\htdocs\namafolderwebsiteanda\application\config\autoload.php

4# Membuat Module Users

langkah pertama dalam memulai modular pastilah harus mengelompokkan folder berdasarkan rumahnya. Buatlah sebuah folder modules pada direktori C:\xampp\htdocs\namafolderwebsiteanda\application 

maka nantinya akan menjadi seperti ini: C:\xampp\htdocs\namafolderwebsiteanda\application\modules 

buat lagi sebuah folder baru di dalam folder modules, dan beri nama users

ingat !!. bahwa dalam sistem modular, nama folder modul harus sama dengan nama controllers

silahkan tuliskan kode dibawah ini pada folder controllers users.php tapi sebelumnya buat folder lagi di dalam modul users yaitu folder controllers

nah sekarang kita beralih kedalam tampilannya. buatlah folder baru, beri nama views. tentunya masih di dalam folder modul users, sekarang buat file baru bernama v_show.php simpan file tersebut kedalam folder views. masukkan kode dibawah ini

dan ya.. itu tadi sedikit eksplorasi awal untuk memulai sesuatu yang lebih besar menggunakan konsep modular hirarki pada codeigniter 3.

Selanjutnya silahkan ketahapan berikutnya. cari file My_Loader pada direktori C:\xampp\htdocs\namafolderwebsiteanda\application\core buka file MY_Loader.php

kemudian anda harus merubahnya menjadi seperti ini:

mungkin sampai disini dulu tahapan ini. silahkan lanjutkan ke tahapan sistem templating pada codeigniter 3 dengan HMVC

5# Kesimpulan

setelah membaca artikel ini maka anda harus dapat menjadi produktif lagi. Lebih lebih memahami dengan baik apa itu konsep hirarki HMVC pada codeigniter, konfigurasi hirarki dan teknik-teknik melakukan pengembangan fitur dengan konsep ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda, dan jika ada yang belum mengerti, silahkan bertanya pada kolom komentar, atau bisa menghubungi pada contact us yang berada di bawah halaman website ini.

( Baca : Sistem Templating HMVC Pada Codeigniter 3 )

You May Also Like

About the Author: admin initekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *