Belajar ES6 Bagian1 : Pengenalan Dasar ES6

Initekno.com – ES6 adalah kepanjangan dari ECMA Script versi 2015, yaitu cara penulisan kode standar dengan menggunakan bahasa pemrograman javascript, ingat ya, ini hanya standarisasi penulisannya saja, yang membedakan hanya syntax, fitur seperti class, module, array serta manipulasinya. Selebihnya ini javascript biasa. Generasi sebelumnya yaitu ES5. Dan ES6 ini adalah pengembangan dari ES5 yang mempunyai fitur-fitur terbaru didalamnya, maka tidak semua browser dipasaran dapat menjalankan ES6 ini.

Nah untuk mensiasati itu kita membutuhkan alat untuk melakukan kompailer dari ES6 menjadi ES5 atau javascript biasa. Karena ES5 mendukung hampir di semua browser. Untuk itu kita membutuhkan kompailer bernama Babel. Silahkan kunjungi pada situs resminya dibawah ini :

https://babeljs.io/

Namun jika kamu hanya belajar dasar-dasr dari ES6 saja, kamu bisa menggunakan google chrome versi yang paling terbaru saja, dan text editor visual studio code. Silahkan baca 7 teks editor terpopuler versi initekno.com

7 Text Editor Populer Programmer di Tahun 2018

Untuk belajar ES6 ini pastikan kamu menguasai javascript dasar terlebih dahulu, HTML dasar dan CSS dasar, sehingga kamu bisa belajar materi ES6 ini tanpa ada hambatan. Ikuti terus kelanjutan artikel ES6 pada situs ini.

Selanjutnya kamu akan menuliskan fitur-fitur terbaru dari ECMA script yang belum pernah kamu pelajari di javascript biasa. Oiya kamu juga bisa menjalankan program yang ditulis dengan ES6 dengan bantuan NodeJs.

Dan berikut adalah struktur dari ECMA Script

Dengan memahami ECMA Script, kedepannya kamu bisa belajar dengan mudah framework atau library yang berjalan dengan javascript, seperti Vue, Angular, React atau React Native.

Sekian semoga artikel pengenalan dasar ES6 bisa sedikit memberikan gambaran untuk apa kita belajar ES6 ini kedepannya. Jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar atau bisa menghubungi lewat email di saefulmujab.nf@gmail.com. Atau teruskan membaca artikel ES6 selanjutnya

Belajar ES6 Bagian2 : Apa itu Const, Let dan Var dalam ES6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *