Pentingnya Belajar Pemrograman Javascript di Tahun 2018

Assalamualaikum. selamat menjalankan ibadah ramadhon bagi seluruh umat islam di belahan dunia, termasuk indonesia yang mayoritas penduduk muslimnya terbanyak di dunia. Ok.. pembahasan kali ini yaitu seputar tentang pentingnya belajar pemrograman javascript di tahun 2018.Mungkin bagi kalian yang kuliahnya di jurusan teknik informatika, sistem komputer, ilmu komputer, pokoknya yang berkaitan dengan dunia komputasi, sudah tidak asing dengan bahasa javascript ini. Dimana mayoritas start up di indonesia merekrut seorang karyawan dengan penempatan di bidang pemrograman, salah satunya harus mempunyai skill tentang javascript ini.

Tak heran, sebab saya rasa di tahun 2017 saja hampir semua platform pengembangan sudah mendukung penulisan dengan bahasa javascript. baik web development, mobile development, game development maupun komputasi yang membutuhkan perhitungan rumit didalamnya.

Hampir tidak ada masalah komputasi yang tidak bisa di selesaikan dengan javascript. Apa lagi dengan banyak munculnya teknologi-teknologi yang berjalan di atas bahasa javascript semisal nodejs, react, emberjs, angularjs, backbonejs memberikan ruang lingkup yang cukup luas bagi seorang yang menguasai bahasa pemrograman javascript.

Disatu sisi peluang untuk mendapatkan pekerjaan idaman akan terbuka lebar, dengan kata lain seorang yang mempunyai skill mahir di javascript akan di buru perusahaan teknologi, kita tahu bahwa gaji seorang karyawan yang bekerja di industri perangkat lunak maupun start up teknologi. Mereka rata-rata bisa mendapatkan gaji 5-12 juta dengan pengalaman kerja min 2 tahun.

Tidak kebanyang bukan ?… bagaimana pentingnya menguasai javascript di tahun 2018 ini. Dalam pembahasan kali ini saya akan memberikan sedikit gambaran mengenai javascript. Maka akan saya batasi gambaran ini pada menampilkan output pada javascript.

Kita tahu bahwa dalam setiap bahasa pemrograman akan berbeda dalam menampilkan sebuah outputan. Nah.. untuk javascript sendiri ada 4 cara yaitu:

  1. Menggunakan console.log();
  2. Menggunakan alert();
  3. Menggunakan document.write();
  4. Menggunakan innerHTML

Dari ke4 cara diatas mungkin ada perbedaan dari segi penampilan outputannya. Inilah salah satu yang membuat saya akan terus penasaran dengan javascript karena dari segi outputan teks aja sudah beragam caranya. Bisa jadi untuk teknik yang lain akan lebih banyak variasinya semisal pemahaman paling sadar yaitu variable dan tipe datanya.

1 Console.log

Sesuai namnya menggunakan console.log. ini diterapkan untuk menampilkan tulisan pada console javascript. biasanya beada pada browser di jendela inspeksi element

Kamu bisa menampilakan teks dengan code console seperti ini :

Hasilnya seperti ini kurang lebih :

2. alert

Alert digunakan untuk menampilkan output berupa teks dalam sebuah jendela dialog. Biasanya alert ini berupa validasi sebuah form ataupun konfirmasi yang melibatkan end user.

Hasilnya :

3. Document.write

Digunakan untuk menampilkan output tulisan pada dokument HTML. Bisa dibilang objek yang berada diantara javascript yang tentu saja mewakili syntax HTML.

Hasilnya:

4. innerHTML

Menampilkan output tulisan dengan lebih spesifik pada tag HTML. yaitu atribut di dalam objek HTML yang berisi string.

Adapun hasilnya seperti ini.

#Kesimpulan

Dengan lebih mengetahui dasar pemrograman javascript, akan menjadi pondasi awal bagi kalian untuk menjadi seorang developer javascript yang handal. Sehingga kalian setelah lulus dapat menghadapi persaingan kerja di tahun 2018 ini dengan berani. Akhir kata semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian selaku pembaca setia platform initekno.com

You May Also Like

About the Author: admin initekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *