Belajar Membuat Website Dengan PHP pdo dan MySQL #Seri 3# Perbedaan Exstensi MySQL, MySQLi dan PDO

Dalam beberapa dekade belakangan ini PHP dengan konsep native masih menjadi alternatif buat programer baru yang tidak suka menggunakan framework. Mengapa PHP masih menjadi primadona sampai sekarang?.. jawabannya tentu karena PHP terus di perbaharui baik itu kerangkanya maupun cara komunikasinya dengan database lain. Pembahasan kali ini memang sengaja saya khususkan untuk membahas perbedaan MSQL, MSQLi dan PDO (php data akses object). Pembahasan ini tentunya ada berkat artikel sebelumnya, yaitu Belajar membuat website dengan PHP pdo dan mysql #seri 2# menghubungkan database mysql.

Baca : Belajar membuat website dengan PHP pdo dan mysql #seri 2# menghubungkan database mysql

# Exstensi MySQL

Exstensi ini yaitu extensi yang di gunakan php dalam menghubungkan ke database menggunakan cara prosedural. Cara ini tidak di sarankan untuk di digunakan pada pemrograman yang menggunakan paradigma OOP (object oriented programming)

Extensi ini sekarang sudah usang. dan tidak didukung lagi oleh PHP. Contoh dari exstensi mysql bisa di amati di bawah ini :

# Exstensi MySQLi

Sebagai gantinya PHP menciptakan extensi Mysqli, dimana extensi ini dapat di terapkan pada paradigma pemrograman OOP maupun prosedural. jadi dengan kata lain PHP melakukan pembaharuan dari sisi extensinya. mysqli sampai saat ini masih di dukung oleh PHP bahkan sudah mendukung juga prepare statement. Apa itu prepare statement?.. silahkan lanjut membaca artikelnya ya..hehe

Contoh dari koneksi dengan exstensi mysqli

# Exstensi PDO (PHP Data Akses Object)

Nah…yang terbaru saat ini yaitu extensi PDO yaitu php data akses object. Extensi ini tentunya adalah pembaharuan dari PHP untuk menggantikan mysql dan mysqli. PDO telah banyak di dukung oleh penyedia layanan database saat ini. hampir keseluruhan DBMS sudah support PDO.

PDO memberikan kamu kemudahan untuk beralih ke database lain, jika suatu saat instansi atau client yang sedang kamu tangani mengalami migrasi dari sisi database.. maka program yang di tulis dengan extensi PDO mampu beradaptasi dengan tidak usah banyak mengubah struktur code yang ada. Apalagi dalam PDO terdapat fitur Prepare statement. Fitur ini mampu membantu melindungi anda dari injeksi SQL

Silahkan amati kode koneksi kedatabase dengan teknik PDO berikut ini dengan baik :

Ada beberapa exception penanganan kesalahan dalam PDO yaitu

PDO::ERRMODE_EXCEPTION ini adalah mode untuk banyak kesalahan dengan situasi apapun

PDO::ERRMODE_SILENT ini merupakan mode kesalahan default

PDO::ERRMODE_WARNING mode ini akan menghasilkan peringatan biasa, mode ini sangat berguna nantinya untuk proses debugging.

 

Kemudian ada beberapa pilihan konsep pengambilan data dengan metode fetch

PDO::FETCH_ASSOC mengembalikan data dengan sebuah array dan terintek dengan nama kolom

PDO::FETCH_BOTH sama seperti accos tetapi disertai dengan nama kolom dan nomor

PDO::FETCH_BOUND menetapkan nilai kolom ke dalam variabel yang di tetapkan

PDO::FETCH_CLASS menetapkan nilai kolom kedalam properti bernama

PDO::FETCH_INTO memperbaharui kelas intance bernama

PDO::FETCH_LAZY membuat variabel object saat di gunakan. ini adalah konsep pengambilan data penggabungan antara fetch_both dan fetch_obj ini biasanya sering saya gunakan untuk menangani konsep pengambilan data dalam PDO seteleh fetch_assoc

PDO::FETCH_NUM mengembalikan sebuah array yang diindek dengan nomor kolom

PDO::FETCH_OBJ mengembalikan sebuah objek anonim dengan nama propertinya dan tentunya sesuai nama kolom.

Contoh dari penggunakan PDO untuk menghubungkan dengan database juga sudah di tulis pada artikel sebelumnya.

Baca : Belajar membuat website dengan PHP pdo dan mysql #seri 2# menghubungkan database mysql

# Kesimpulan

Beberapa beranggapan, ngapain sih masih memprogram dengan PHP native, kan sudah ada framework php yang lebih canggih, seperti laravel, codeigniter, yii2 bahkan ada phalcon. Jadi kesimpulannya saya ingin kamu memulai belajar pemrograman dari dasar terlebih dahulu. paling tidak kamu tahu teknik membuat website dengan teknologi dasar walaupun itu menggunakan PHP native. Pada akhirnya artikel ini di tulis hanya sebagai pelengkap pada artikel sebelumnya yaitu belajar membuat website dengan PHP pdo seri 2 #menghubungkan database mysql.

Baca : Belajar membuat website dengan PHP pdo dan mysql #seri 2# menghubungkan database mysql

Artikel Selanjutnya apa?..

Baca : Belajar membuat website dengan PHP pdo dan mysql #seri 4# Sistem Templating

You May Also Like

About the Author: admin initekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *