Belajar Membuat Website Dengan PHP pdo dan MySQL #Seri 1# Siklus Hidup Pengembangan Sistem

Siklus Hidup Pengembangan sistem atau dikenal dengan SDLC. Adalah proses pembuatan perangkat lunak dengan memanfaatkan model-model dan metodologi pengembangan sistem yang ada.

siklus ini biasanya mencakup hal mendasar dalam pengembangan perangkat lunak. Kita mungkin tahu bahwa tahun 2016-2018 adalah tahunnya start up diindonesia mulai bermunculan. Hal ini menandakan bahwa industri perangkat lunak kian hari kian pesat. Beruntung jika anda dapat belajar di perguruan tinggi pada jurusan komputasi dan pemrograman, apa lagi jika anda telah menguasai beberapa bahasa pemrograman untuk pengembangan perangkat lunak. Tentu ini menjadi nilai lebih bagi kamu.

Pembahasan kali ini yaitu mencakup analisa permasalahan, merancang dan mendesain perangkat lunak, penulisan kode program, dokumentasi perangkat lunak, menguji perangkat lunak yang anda buat dan terakhir yaitu tahapan perawatan dan melakukan update fitur pada perangkat lunak.

Anda harus tahu terlebih dahulu, dalam pengembangan perangkat lunak ada beberapa platform yang perlu di perhatikan.

  1. Perangkat lunak yang berbasis web
  2. Perangkat lunak yang berbasis desktop
  3. Perangkat lunak berbasis mobile

Disini kita akan membuat dan mengembangkan perangkat lunak berbasis web. Artinya semua kebutuhan pengembangan akan kita tentukan disini, mulai dari teknologi yang di gunakan, alat pengembangan dan bahasa pemrograman yang digunakan.

Tahap 1 # Analisa Permasalahan

Kali ini kita ambil studi kasus untuk contoh permasalahan yang akan dihadapi:

“Sebuah HRD pada bimbingan belajar islami terbesar di indonesia, kesulitan dalam mengakses data karyawan di seluruh cabang yang tersebar di indonesia. Sebut saja bimbel NF. Hasilnya, HRD tersebut sulit untuk melakukan pendataan karyawan secara cepat”

Dari studi kasus diatas akan menghasilkan kesimpulan seperti… terdapat 3 level user akses, yaitu HRD, Cabang dan Karyawan. masing-masing level akan menangani operasi data yang berbeda-beda, tetapi tetap data saling berkaitan, sehingga jika setiap pengguna ingin melakukan request data di level user yang berbeda hasilnya akurat. ini biasanya di lakukan pada level admin.

Kemudian studi kasus diatas nantinya akan kita terapkan dalam sebuah perangkat lunak. Tahapan selanjutnya yaitu tahapan menentukan spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang di butuhkan.

Dalam tahapan ini mencakup kebutuhan pengembangan yaitu teknologi yang di gunakan. Pertama untuk melengkapi tahapan ini yaitu tentu saja kebutuhan, kebutuhan disini mencakup kebutuhan dari sisi perangkat keras dan perangkat lunak yaitu

Kebutuhan Komputer

  1. Prosesor : Intel Core i3 atau bisa diatasnya
  2. RAM : 4 GB atau diatasnya
  3. Hardisk : 100 GB atau diatasnya
  4. LCD : 14 inchi atau diatasnya

Kebutuhan Perangkat Lunak dan Teknologi

  1. Bahasa pemrograman Backend : PHP
  2. Bahasa Pemrograman Frontend : Javascript
  3. Lain-lain : HTML5, Bootstrap, Datatables dan Jquery
  4. Database server : MySQL include dalam paket XAMPP
  5. Server Lokal : Apache include dalam paket XAMPP
  6. Text Editor : Sublime Text versi 3
  7. Web Browser : Google Chrome atau Mozila Firefox

Dari permasalahan dan kebutuhan yang sudah tertera diatas, berarti kita akan membuat perangkat lunak yang berjalan pada sisi server yaitu berbasis web.

Tahap 2 # Merancang dan Mendesain

Tahapan ini yaitu tahapan mendesign database. Database disini yaitu sebagai wadah untuk penyimpanan informasi untuk data karyawan pada bimbel NF.

Sebelumnya silahkan instal komponen perlengkapan seperti diatas pada komputer kamu, yaitu XAMPP. dan jalankan XAMPP kontrol panel seperti berikut ini:

Kemudian jalankan Apache dan MySQL dengan cara klik tombol start pada bagian Actions, maka hansilnya akan terdapat warna hijau pada komponen yang kita jalankan. Itu menandakan bahwa komponen sedang berjalan, dan siap untuk digunakan. Langkah selanjutnya yaitu menjalankan http://localhost/phpmyadmin/ pada browser google chrome atau mozila. Kemudian silahkan bermain-main dengan fitur yang ada di phpmyadmin. Langkah selanjutnya yaitu membuat database.

Membuat database bimbelnf

Database digunakan untuk menampung semua tabel-tabel yang nantinya akan digunakan dalam proyek ini. nama database nantinya akan dijadikan master penghubung antara kode program dengan tabel. intinya bahasa pemrograman yang kita gunakan dapat mengambil, memasukkan merubah dan menghapus data yang ada di tabel.

Membuat tabel Karyawan

Tabel karyawan digunakan untuk menyimpan segala informasi tentang karyawan pada cabang. umunya berupa nama karyawan, jenis kelamin dan nomor hp. Dalam tabel karyawan terdapat relasi ke-tabel lain, yaitu tabel jabatan dan tabel cabang.

Membuat tabel Cabang

Tabel cabang menampung informasi seluruh cabang bimbel nf yang tersebar di indonesia. Umumnya tabel cabang terdiri dari nomer cabang, nama cabang dan kamu bisa menambahkan sendiri atribut alamat cabang. Tabel cabang akan berelasi pada tabel karyawan.

Membuat tabel Jabatan

Tabel jabatan berisi informasi tentang jabatan yang di gunakan untuk membedakan jabatan dari sebuah karyawan. tabel jabatan akan berelasi pada tabel karyawan.

Membuat tabel User

Tabel user berisi informasi tentang semua data user akses sistem. Biasanya untuk bisa mengakses sistem, seorang pengguna harus terdaftar di dalam tabel user dengan level tertentu. Tabel user akan memberikan tingkat keamanan pada sistem, karena tidak semua pengguna dapat mengakses sistem, hanya pengguna tertentu saja.

Kesimpulan

Dengan mengacu pada siklus hidup pengambangan perangkat lunak yang benar, maka di harapkan hasilnya akan sesuai dengan yang di inginkan. Sehingga dapat menghasilkan perangkat lunak yang power full dan tentu saja sesuai kebutuhan perusahaan. Ikuti terus tahapan selanjutnya yaitu :

Tahap 3 # Penulisan Kode Program

Tahap 4 # Dokumentasi

Tahap 5 # Pengujian

Tahap 6 # Perawatan dan Pengembangan Fitur

You May Also Like

About the Author: admin initekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *