Seri 3# Sistem Templating Layout dengan Modular HMVC Pada Codeigniter 3 Bagian 1

Berbicara mengenai sebuah layout dalam sistem templating, codeigniter 3 telah mempunyai fitur pemisahan layout dan penggabungan dari beberapa komponen layout. Saya pernah mengalami membuat website tanpa sistem templating.

Hasilnya berantakan. Kode yang seharusnya diletakkan di bagian header saja malah justru harus saya letakkan di setiap halaman yang saya buat. Itu berarti kode untuk layout yang saya buat berceceran di setiap halaman. Sangat-sangat tidak lucu… this is not funny..hahaha

Dengan adanya sistem templating pada codeigniter, saya merasa berfikir begitu bodohnya saya dulu. hehe. Sekarang mari kita memulai pekerjaan tanpa melakukan perulangan untuk sesuatu hal yang sama. dan harusnya bisa digunakan untuk semua layout website.

1# Membuat Modul dan Controllers

buat modul baru bernama template.  tambahkan controller baru dan beri nama sesuai modul yaitu template.php. tuliskan kode berikut.

ingat…!! template.php harus tersimpan didalam folder controllers pada modul template.

2# Buatlah beberapa file Untuk View

file itu diantaranya v_header.php, v_content.php dan v_footer.php

ingat..!! untuk file v_header.php, v_content,php dan v_footer.php harus tersimpan di dalam folder views pada modul template.

silahkan tulis masing masing kode template seperti dibawah ini

kode untuk v_header.php

v_content.php

dan untuk v_footer.php

Berarti secara keseluruhan konsep filenya akan menjadi seperti ini:

3# Menjalankan Project Anda

Sekarang coba jalankan website anda. apakah semua tulisan ini sudah muncul dalam halaman browser anda?. jika ya.. berarti anda sudah berhasil membuat kerangka layout dengan sistem templating dengan konsep modular HMVC.

selanjutnya anda tinggal mengisi konten dan menghias website anda. Perlu anda ingat bahwa sebelum menerapkan kode pada artikel ini anda harus sudah membaca artikel sebelumnya yaitu:

( Baca : Mengenal Konsep Modular Hirarki HMVC Pada Framework Codeigniter 3 )

4# Kesimpulan

dengan menggunakan sistem templating anda tidak usah membuat sebuah layout secara berulang ulang. cukup satu kali buat, kemudian file di panggil dalam sebuah modul yang membutuhkan template tersebut. Tentu saja hal ini dapat menghemat waktu dan energi anda.

( Baca : Sistem Templating Layout Bagian 2 )

You May Also Like

About the Author: admin initekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *