Seri 1# Tutorial Belajar Codeigniter 3 HMVC Untuk Pemula di Bidang Development Website

Codeigniter adalah kerangka kerja untuk pembangunan aplikasi web, bahasa pemrograman yang digunakan yaitu PHP. Codeigniter bisa dibilang framework yang paling banyak peminatnya ditahun 2016-2017, bahkan sampai sekarang 2018. Codeigniter memberikan lingkungan pengembangan yang mudah dan lengkap. Jika anda ingin belajar membuat sebuah website sacara otodidak, saya sarankan anda mempelajari framework ini. Ada banyak manfaat kenapa anda harus menggunakan framework dalam pembuatan website. Diantaranya yaitu:

  1. Anda tidak usah pusing memikirkan masalah security data
  2. Anda akan di mudahkan dalam pembuatan struktur manajemen file.
  3. Anda dapat langsung fokus ke permasalahan yang di hadapi.
  4. Manajemen URL yang baik
  5. Adanya library dan helper yang akan mempermudahkan anda dalam membuat website

Dengan codeigniter anda bisa menghemat waktu pengerjaan project secara berulang ulang yang dapat memakan waktu dan biaya produksi

Sekarang kita analogikan begini. Dengan menggunakan codeigniter anda berasa sabagai tukang bangunan yang sedang membuat sebuah rumah. Seorang tukang bangunan ketika akan membuat rumah tidak perlu memikirkan cara membuat batu bata bagaimana, cara membuat semen bagaimana, atau cara mencari pasir bagaimana. Tentunya anda hanya tinggal memasang dan mencampurkan semen dan pasir itu kan?.. kemudian menumpuk batu bata sehingga menjadi sebuah tembok..

Sampai sini ada sedikit gambaran bukan?…begitu juga dengan pembangunan website. di codeigniter anda akan di sediakan library dan helper yang mana anda tinggal memanggil dan melakukan konfigurasi secara benar, tentunya sesuai dengan kebutuhan pengambangan aplikasi yang sedang anda buat.

kali ini kita akan coba mengetahui bagaimana codeigniter dapat berjalan di komputer anda. pertama anda membutuhkan paket webserver lokal. Ada banyak webserver lokal yang bertebaran di internet, diantaranya XAMPP, WAMPSERVER, MAMP dan LAMP SERVER saya menyarankan anda untuk menggunakan XAMPP, karena komponen dalam XAMPP sudah sangat lengkap menurut saya untuk seorang pemula.

#1. Komponen Yang diperlukan

Download semua komponen diatas. sehingga nantinya anda akan mudah dalam mengikuti tutorial ini. Setidaknya 4 Komponen diatas adalah wajib bagi anda yang ingin belajar membuat website dengan codeigniter.

#2. Konfigurasi dan Instalasi Komponen

sekarang install XAMPP pada komputer anda. Tunggu sampai selesai. Install browser google chrome. Kemudian install text editor sublime text.

Setelah semua komponen selesai di instal, yaitu terakhir instal codeigniter 3. extrak terlebih dahulu codeigniter yang tadi anda download.

copy dan letakkan pada direktori

C:/xampp/htdocs

sehingga menjadi seperti berikut:

perhatikan lingkaran merah paling bawah. Kemudian ubah namanya menjadi namaprojectwebsiteanda dalam artian disini nama sesuai website yang sedang kamu tangani. misalkan initekno atau duniakitaindah, disini saya akan memberikan nama website saya menjadi formulirpendaftaransekolah

#3. Menjalankan Program

kemudian setelah anda melakukan penamaan pada project website anda. sekarang coba buka google chrome dan ketikkan alamat localhost/namaprojectwebsiteanda, berarti jika mengacu pada tutorial ini menjadi localhost/formulirpendaftaransekolah untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:

Jika anda menjumpai tampilan seperti gambar diatas, berarti instalasi codeigniter dengan server lokal anda telah berhasil. Misalkan justru error yang kita temui, berarti kemungkinan webserver lokal belum di jalankan. Buka xampp anda, kemudian klik tombol start  untuk komponen apache dan mysql. silahkan lihat gambar dibawah ini:

#4. Penanganan Error

biasanya untuk tahapan ini jarang sekali terjadi error atau kesalahan. karena instalasi codeigniter ini memang cukup mudah sekali. Tetapi anda diharuskan untuk melakukan configurasi terlebih dahulu. Sampai dengan tahapan ini kita baru melakukan pemindahan file codeigniter dan memberikan nama website yang akan kita bangun.

#5. Lanjutan

Saya akan sedikit memaparkan tentang penggunaan controller dan view tanpa menggunakan model. Biar kalian sedikit mengetahui cara penggunaan controller dan view. Sebenarnya di dokumentasi codeigniter sudah tertulis dengan lengkap disana tentang masalah controler dan view.

Namun akan sedikit saya bahas disini, Pertama jika tutorial diatas sudah selesai dijalankan, sekarang fokus pada text editor sublime text. coba lihat struktur filenya terlebih dahulu.

Dari gambar diatas kalian pastinya sudah sangat jelas, bahwa nantinya kita akan sering bermain di folder yang saya beri kurung merah.. Folder ini berada di dalam folder application didalam struktur framework codeigniter 3.

Keterangan :

Controllers : Adalah penghubung antara view dan model. Nantinya controller akan berperan di banyak sektor, contohnya di URL, dimana URL yang kita panggil berupa controller dan kemudian urutan berikutnya method.

Contoh: formulirpendaftaransekolah/login/register

formulirpendaftaransekolah adalah nama website kalian. Login adalah nama controller yang kalian buat kemudian register adalah nama method dalam class controller login.

Models : Adalah struktur dimana pemrosesan basis data dilakukan, seperti query data. Model langsung berhubungan dengan database

Views : Adalah struktur yang menangani dari segi tampilan. Ketika anda berinteraksi dengan form dalam browser itu adalah halaman html yang di panggil melalui controller, kemudian controller akan meload langsung halaman html tersebut

Baiklah…mari kita coba langsung saja.. Buat file baru pada controllers dan berinama login.php tuliskan code berikut ini:

disini saya akan menampilkan teks dalam method index. Coba jalankan pada browser kalian.

Disini saya belum menggunakan view untuk menampilkan teks

saya sedang berlatih codeigniter

jika kalian telah melihat teks diatas pada browser kalian, maka langkah selanjutnya kita akan menggunakan view. Buka kembali controllers login.php ubah kodenya menjadi seperti ini:

buat file baru, simpan dalam folder view. Beri nama dengan v_register.php kodenya seperti ini:

sekarang coba jalankan pada web browser kalian. ketikkan alamat localhost/formulirpendaftaransekolah/index.php/login

#6. Kesimpulan

Itu dia tadi.. tutorial sederhana yang dapat saya bagi. tutorial diatas masih murni menggunakan konsep MVC, tapi disini saya belum menggunakan model. Untuk tutorial selanjutnya kita akan langsung membahas modular ekstensi HMVC.

Dengan menggunakan web framework codeigniter, Semua langkah akan sangat berarti. Untuk tahapan awal diharapkan anda bisa melakukan instalasi codeigniter dan menjalankannya pada browser google chrome, membuat controller dan view.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian selaku praktisi dibidang pemrograman website. Untuk artikel selanjutnya silahkan ikuti.

( Baca : Mengenal Konsep Modular HMVC Pada codeigniter 3 )

You May Also Like

About the Author: admin initekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *