Tutorial Codeigniter 4 Bahasa Indonesia – DataTables Server-side

Initekno.com – Datatables memang sering digunakan untuk menampilkan data dalam jumlah banyak, tetapi terkadang masih juga keberatan. Solusinya untuk menanggulangi data yang berlebihan, bisa menambahkan pemrosesan server side. Dengan begitu sebanyak apa pun data yang kalian tampilkan, hasilnya akan tetap stabil. performa web kamu tidak akan turun derastis.

Instalasi Codeigniter 4

Pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama belajar tentang datatables server side processing menggunakan Codeigniter4. Untuk langkah pertama silahkan instal codeigniter 4 melalui composer dengan perintah berikut :

dengan cacatan datatablesci4 adalah nama project kita.

Silahkan tunggu sampai paket telah terdownload semua. Sekarang buka menggunakan visual studio code atau sublime text atau atom text editor, pilih sesuai selera kalian.

7 Text Editor Populer Programmer di Tahun 2018

Konfigurasi Database

Rename env file menjadi .env pada project datatablesci4 ubah mode production menjadi development dan pengaturan database. Untuk pengaturan lengkapnya seperti berikut ini :

dan pengaturan database

Sekarang langkah untuk instalasi dan konfigurasi telah selesai. Selanjutnya buat sebuah migration dengan nama tbl_mahasiswa tabel ini akan kita gunakan dalam pembelajaran datatables serverside kali ini. Tabel ini mempunyai atribut seperti id, nama, email, mobile.

Migration

Untuk pembuatan tabel dalam codeigniter 4 bisa menggunakan migration, Untuk langkah awal menggunakan migration silahkan ketik perintah berikut ini pada terminal dalam direktori web yang kamu buat.

Kemudian akan menghasilkan file migration pada direktori app\Database\Migrations\2021-03-25-081312_TblMahasiswa.php

silahkan tambahkan kode berikut ini

Untuk menjalankan migration ketik perintah berikut ini pada direktori c/xampp/htdocs/namaprojectwebkamu

Buat Controller

Untuk controller terdapat 3 method construct(), listMember() dan ajaxLoadData()

Mahasiswa.php

Buat Views

Silahkan buat file baru bernama list-mahasiswa.php, file ini nantinya akan kita eksekusi pada bagian controller pada method listMahasiswa(). Tulis kode view seperti dibawah ini.

list-mahasiswa.php

Routes

Sekarang tanpa route maka controller tidak akan bisa kita eksekusi, untuk itu tambahkan route seperti berikut, pada direktori app\Config\Routes.php

Sekarang coba jalankan dengan perintah

jalankan url http://localhost:8080/list-mahasiswa maka kamu akan mendapati tampilan seperti berikut ini.

Untuk 2 data diatas saya generate menggunakan seeder, jadi datanya ngaco, tapi formatnya sudah sesuai.

untuk menguji datatables serverside yang telah kita buat, kalian bisa menambahkan data yang banyak melalui seeder, tujuannya untuk testing ketika data yang ditampilkan berjumlah banyak.

Membuat Seeder

Untuk membuat seeder dalam codeigniter cukup mudah, kamu hanya perlu menjalankan perintah berikut ini, dan hasilnya berada pada direktori app\Database\Seeds\MahasiswaSeeder.php

Ubah kode seeder berikut ini

diatas saya menambahkan data sebanyak 5000 pada perulangan insert. jika sudah, sekarang tinggal jalankan seeder dengan perintah

dan taraaaa. hasilnya data yang kamu generate sudah masuk pada tabel mahasiswa sesuai format yang kamu tuliskan pada MahasiswaSeeder.php dan berikut adalah hasilnya.

total data yang kita punya berarti menjadi 5002.

Selesai….

Semoga artikel singkat ini bermanfaat buat kamu yang sedang belajar codeigniter4 datatables server side. Nantikan artikel kelanjutan dari initekno.com.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *