Tutorial Codeigniter 4 Bahasa Indonesia – Exspor File Menjadi Excel

Initekno.com – Berbicara mengenai exspor file menjadi format khusus, tentunya kita akan berbicara penyajian data. Dalam dunia perkantoran penyajian data atau sering di istilahkan laporan, adalah hal yang sudah umum dilakukan dijaman sekarang.

Nah biasanya laporan itu diberikan dan disahkan oleh atasan dengan bukti tanda stempel maupun tandatangan atasan. Maka dari itu jika webuah web berbasis data kok tidak mempunyai fitur ini, saya rasa tidak mengapa ya.. tapi alangkah baiknya kita pelajari hal ini, agar ketika terjadi penambahan fitur, kita bisa buat untuk penyajian data.

Untuk mempelajari ini silahkan kamu baca artikel sebelumnya tentang fitur import file dari csv. Disana saya menjelaskan bagian awal yaitu tentang cara melakukan instalasi paket tambahan bernama phpspreadsheet.

Tutorial Codeigniter 4 Bahasa Indonesia – Impor File Dari CSV

Konfigurasi Awal

Saya akan ulangi  sedikit untuk langkah konfigurasi dalam php.ini sebelumnya kalian harus sudah mempunyai web server lokal seperti XAMPP atau yang lain. Buka pada direktori C:\xampp\php

cari kode ini pada baris 925.

Kamu hanya perlu menghilangkan tanda titik koma (;) ini bertujuan agar nantinya kamu bisa melakukan instalasi phpspreadsheet. Jalankan perintah berikut untuk mengunduh dan instal paket phpoffice.

Database

Jika kalian belum paham mengenai cara menghubungkan kodeigniter4 pada database mysql. Ini semua sudah saya terangkan pada artikel-artikel sebelumnya yaitu tentang koneksi database pada codeigniter 4. Silahkan baca artikel berikut ini sebelum kalian melajutkan untuk membaca bagian bawah :

Tutorial Codeigniter 4 Bahasa Indonesia – Koneksi Database dan Tampil Data

Membuat Tabel

Sekarang saatnya kamu membuat satu tabel dengan nama tabel_mahasiswa atau nama yang kamu inginkan. Tuliskan struktur tabel itu seperti berikut ini.

Membuat Model

Untuk pembuatan model kamu juga bisa menggunakan php spark dengan perintah berikut ini :

sangat disarankan untuk menggunakan perintah php spark ya dalam setiap pembuatan model, supaya meminimalisir penulisan kode yang berulang-ulang dan menghemat waktu pengerjaan project kalian. Hasil dari perintah php spark diatas ada pada direktori  app\Models\MahasiswaModel.php

Membuat Controller

Langkah selanjutnya adalah membuat controller dengan nama CMahasiswaController.php atau apa pun itu sesuai kebutuhan dalam project kalian, yang terpenting huruf depan harus diawali dengan huruf kapital.

Atau supaya gampang, gunakan perintah php spark seperti berikut ini :

maka akan tercipta sebuah file pada direktori app\Controllers\CMahasiswaController.php

Membuat Views

Untuk view seperti pada artikel sebelumnya, saya menggunakan font dari google dan menambahkan link untuk export file excel pada baris ini

untuk penambahan font google seperti ini

kode lengkap dari semua itu seperti file mahasiswa_view_data.php pada direktori app\Views\mahasiswa_view_data.php

Routes

Jangan lupa untuk membuat jalur url dengan cara buka file Routes.php pada direktori  app\Config\Routes.php  dan tambahkan kode seperti ini. Oiya, saya menggunakan group untuk membuat route mahasiswa.

Uji Coba

Seperti biasanya, tahapan uji coba pertama jalankan terlebih dahulu server development bawaan codeigniter 4 dengan perintah seperti berikut ini.

dan ini adalah hasil dari penyajian data dalam format excel

Selesai…

Jadi kesimpulannya adalah, dengan memahami cara pembuatan penyajian data diatas kedalam format excel, setidaknya kamu bisa mengerti jika suatu saat dibutuhkan dalam tempat kamu bekerja atau jika client kamu meminginkan fitur tambahan tersebut. Sekali lagi ini saya buat menggunakan codeigniter 4 dan mysql ya, jika kamu menggunakan framework laravel atau cake tentu saja akan berbeda dari segi alur kodenya.

Selamat belajar, dan jangan lupa untuk terus ikuti artikel menarik lainnya dari initekno.com.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *