Tutorial Codeigniter 4 Bahasa Indonesia – Koneksi Database dan Tampil Data

Initekno.com – Pada pembahasan kali ini kalian akan belajar tentang koneksi database dengan framework codeigniter 4. Kemaren pada artikel codeigniter4 sebelumnya, kita telah belajar tentang instalasi dan bermain dengan MVC model view dan controller. Harapan saya kalian sudah bisa memahaminya.

Baca juga artikel berikut :

Tutorial Codeigniter 4 Bahasa Indonesia – Sedikit Bermain dengan Model View dan Controller

Sebelum memasuki configurasi database silahkan buat database dengan nama pokphonedb dan buat tabel brand dengan rincian seperti berikut ini:

Pengaturan Env

Pertama rename env menjadi .env kemudian buka file .env tersebut, ubah CI_ENVIRONTMENT dari production, menjadi development, tujuannya agar nantinya ketika terjadi error maka akan terlihat dengan jelas dan kita bisa mengetahuinya.

Sekarang setingan database, dan kode berikut ini adalah default bawaan codeigniter.

dan ubah menjadi berikut ini. Intinya cukup hilangkan tanpa pagar (#) di ujung tulisan. dan ubah database, username dan password sesuai konfigurasi mysql pada komputer kalian.

Testing Menampilkan Data

Untuk pengujian ini saya langsung menggunakan sistem templating yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, silahkan dibuka kembali.

Tutorial Codeigniter 4 Bahasa Indonesia – Sistem Templating

Controllers

Buat method pada controller Brand.php dengan nama tampildata() dan sertakan pada kode berikut ini:

Models

Untuk model buat juga method dataBeneran() ingat, ini hanya penamaan method sebagai contoh, jika kalain sudah memasuki project besar maka penamaan method harus sudah termanajemen dengan baik , supaya tidak membingungkan. Untuk isi metodnya berikut ini :

Views

Memasuki view, yaitu saatnya menampilkan data pada tabel pada browser. buat file dengan nama brandview.php, simpan pada folder brand. Silahkan tulis kode berikut ini:

Pada intinya view diatas akan kita sisipkan dalam controller sistem templating pada baris kode berikut ini, (lihat controller brand.php)

Sekarang coba jalankan. hasilnya akan menjadi berikut ini.

Kesimpulan

Ok, selesai… memasuki kesimpulan, artikel diatas ditujukan untuk yang belum paham cara configurasi codeigniter 4 agar tersambung dengan database dan bisa mengakses tabel, serta menampilkan datanya.

Semoga bermanfaat.. selanjutnya kita akan memasuki login dan register dengan myth-auth, Silahkan simak terus tutorial ini…

Tutorial Codeigniter 4 Bahasa Indonesia – Login dan Register dengan myth-auth


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *