Tutorial Codeigniter 4 Bahasa Indonesia – Sedikit Bermain dengan Model View dan Controller

Initekno.com – Hal mendasar yang kamu harus paham betul dalam belajar codeigniter 4 adalah memahami alur kerja dan interaksi controller, model dan view, karena 3 hal itu saling berkaitan. Artikel ini saya buat agar kalian paham dalam memahami MVC model view dan controller dan tidak bertele-tele, maka dari itu saya akan langsung menjelaskan pokok intinya saja, silahkan simak detailnya..

Setelah kalian berhasil melakukan instalasi pada tutorial codeigniter 4 yang pertama, baca di bawah ini :

Tutorial Codeigniter 4 Bahasa Indonesia – Instalasi

Bermain Dengan Controllers

Langkah selanjutnya yaitu pemahaman konsep MVC mendasar, silahkan buat file baru pada direktori website pokphone>app>controllers beri nama file itu dengan Brand.php dan tuliskan kode dasar berikut ini :

Bermain Dengan Views

Buat folder baru dengan nama brand pada direktori views. Dan buat file kemudian simpan, berinama dengan brandview.php ketik kode berikut ini :

Untuk menjalankan view yang kita buat, kalian perlu sedikit merubah controllers brand.php menjadi seperti berikut ini.

Sekarang coba jalankan servernya pada git base here.. cara ini sudah saya contohkan pada artikel di bagian pertama, silahkan dibaca pada link diatas.

Sekarang kamu pasti akan mendapati tulisan pada browser yaitu isi dari brandview.php

Bermain dengan Parameter

Masih pada controller brand.php sekarang tambahkan method parameter di bawah method index, tulis kode berikut ini.

Kode diatas berisi variabel $nama dan $status dimana variabel itu digunakan untuk menampung parameter yang akan kalian masukkan. Cara menjalankannya seperti link berikut ini:

Bermain dengan Models

Model disini biasanya berisi tentang query data. Dan kali ini saya akan menggunakan data array untuk percontohan sederhananya. Buat 1 file baru dan beri nama dengan BrandModel.php simpan didalam folder models pada direktori project kalian.

dan ubah controller Brand.php

ubah juga brandview.php seperti berikut ini :

Sekarang coba jalankan pada url berikut ini :

http://localhost:8080/brand/data

Dan artikel pembahasan kali ini selesai.. semoga bermanfaat. Harapannya kamu mengerti tentang MVC secara mendasar. Jika kamu mengalami kendala silahkan tulis pada kolom komentar pada artikel ini. Selanjutnya kalian akan belajar langsung dengan sistem templating.

Tutorial Codeigniter 4 Bahasa Indonesia – Sistem Templating


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *