Tutorial Codeigniter 4 Bahasa Indonesia – Sistem Templating

Initekno.com – Sistem templating digunakan untuk mempermudah para frontend developer untuk mempermudah dalam manajemen file, sehingga mudah untuk dikelola. Sistem templating biasanya adalah kode utuh yang di potong-potong dan diletakkan dalam file berbeda, semisal header, footer, navbar, sidebar

Silahkan mampir terlebih dahulu pada artikel sebelumnya, karena ini berkaitan dengan view dan controller.

Tutorial Codeigniter 4 Bahasa Indonesia – Sedikit Bermain dengan Model View dan Controller

Controllers

Silahkan buka kembali file Brand.php kemudian tuliskan kode controller seperti berikut ini :

Pada method home saya menampilkan beberapa view, yaitu header, navbar dan footer. kamu juga bisa menambahkan menu samping atau sidebar.  Kemudian saya juga menyertakan judul sebagai title bar untuk di letakkan pada halaman header.

Views

Lanjut keview, Buat satu folder bernama template di dalam folder view, dan buat file baru header, navbar dan footer. Sebelum saya cacah kode itu kedalam file, akan saya tampilkan template utuh, isi kode seperti berikut ini.

Kode Utuh

Sekarang cacah kode tersebut dan letakkan pada header, navbar dan footer. Untuk rinciannya ada dibawah ini :

Header

Header adalah kode paling atas atau bisa juga bagian kepala, biasanya berisi kode external css dan struktur html bagian atas.

Navbar

Navbar biasanya berisi menu dalam sebuah struktur website, untuk kali ini saya contohkan secara sederhana, nanti bisa juga kamu beri menu yang cantik pada bagian ini.

Footer

Sedangkan footer akan berisi struktur bagian bawah sebauh website, bisa juga menu informasi maupun hak cipta sebuah website.

Sekarang jalankan server lokalnya

Hasilnya kurang lebih seperti berikut ini ya..

Dinamis

Lalu dimana letak konten dinamis kita?… untuk konten dinamis akan diletakkan pada pertengahan antara kode header, navbar.. atau diatas footer. jika bingung lihat contoh berikut ini :

Selesai….

Kesimpulan

Ok, sekarang memasuki kesimpulan, harapan saya kamu bisa mempelajari sistem templating yang sederhana ini ya. dan ini saya buat pada codeigniter 4. Semoga bermanfaat dan silahkan ikuti artikel kelanjutannya.

Tutorial Codeigniter 4 Bahasa Indonesia – Koneksi Database dan Tampil Data


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *