Tutorial Codeigniter 4 Bahasa Indonesia – Upload Gambar

Initekno.com – Tak lengkap rasanya jika saya hanya membahas materi tentang CRUD di artikel sebelumnya, karena pada dasarnya fitur ini sangat dibutuhkan baik itu digunakan untuk konten artikel, maupun konten non artikel, misalnya data buku yang mengharuskan kita menyimpan data cover buku didalamnya. Intinya materi ini mencakup upload gambar pada server hosting nantinya.

Untuk mempersingkat waktu, silahkan buat dulu tabel dengan struktur seperti berikut. Untuk nama tabel yaitu users.

Jika kalian ingin membuatnya menggunakan migration, silahkan caranya ada pada artikel berikut :

Tutorial Codeigniter 4 Bahasa Indonesia – DataTables Server-side

Models

Setelah langkah diatas sudah beres, kita lanjutkan dengan membuat models pada codeigniter 4, caranya cukup mudah, kalian hanya perlu masuk pada direktori project kalian dan ketikkan perintah generate model User.

Maka nantinya akan tercipta file UserModel pada direktori app\Models\UserModel.php dan ubah seperti kode berikut ini. Intinya kalian hanya perlu menambahkan atribut name dan type pada $allowedFields

UserModel.php

Controller

Beralih pada controller sekarang. Buat satu controller dengan nama FileUpload.php atau jika menggunakan perintah php spark, seperti ini. Tapi sebelumnya buat folder baru dengan nama uploads dalam direktori namawebsite\public

Maka akan tercipta file pada direktori app\Controllers\FileUpload.php dan silahkan tuliskan kode berikut:

FileUpload.php

Views

Buat sebuah view pada direktori app\Views dan berikan nama home.php dan langsung saja tulis kode view home berikut ini.

home.php

Routes

Sekarang semua kesatuan tidak akan bisa berjalan tanpa adanya pengaturan Routes. Silahkan buka Routes.php pada direktori app\Config\Routes.php dan tambahkan kode berikut ini pada bagian route upload. Intinya route tersebut akan mengarahkan pada controller FileUpload.php dan mengakses method index()

Jalankan

Sekarang coba jalankan dengan perintah php spark serve.

Jika kalian coba program diatas, maka akan menghasilkan tampilan seperti berikut ini. Untuk tombol edit, view dan delete abaikan saja karena itu hanya pemanis. Dan jika ada waktu akan kita buat artikel kelanjutan untuk fitur ini.

Dan ini adalah gambaran dari direktori file pada server hosting nantinya, terlihat bahwa nama pada gambar tidak beraturan, itu karena kita menggunakan getRandomName()

Selesai….

Selamat mencoba, dan semoga artikel ini bermanfaat buat kalian diluaran sana yang sedang belajar codeigniter4.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *