Tutorial Codeigniter REST API Membuat CRUD database MYSQL

Initekno.com – REST API adalah tren arsitektur jaringan untuk mempermudah client dalam berhubungan dengan database, selama ini kita sering membuat fitur crud dengan teknik konvensional yang artinya kode kita akan berhubungan langsung dengan server database. tanpa melalui perantara kode REST API.

Sebenarnya ada juga arsitektur lain yaitu SOA tetapi REST API sedang buming di tahun ini karena keunggulannya dan fitur-fitur yang di tawarkan.

Berbeda jika menggunakan REST API maka kita akan membuat kode khusus untuk berkomunikasi dengan database. Kemudian kode REST API kita siap di konsumsi oleh client yang menggunakan teknologi di luar bahasa dari rest api misal pada android dengan bahasa java, ios dengan bahasa swift dan bisa juga di digunakan untuk mengembangakan aplikasi desktop API yang kita buat.

Sesuai judulnya kali ini saya kan membuat sistem REST API secara sederhana dengan framework codeigniter dan database mysql.

Download dan install XAMPP

InstallĀ  dan Download Codeigniter

Instal library Codeigniter REST API

Download aplikasi postmanĀ 

langkah awal setelah selesai instal codeigniter, kemudian copy library tersebut pada root folder codeigniter kamu. dan letakkan di C:/xampp/htdocs/namawebkamu

Buat Database dan tabel

Setelah semua peralatan diats sudah terinstal, selanjutnya kamu jalankan xampp kamu dan buka browser ketikkan localhost->pilih phpmyadmin dan buatlah database dan tabel seperti berikut ini:

GET

Buat controller baru simpan dengan nama Induksiswa.php dan ketikkan kode berikut ini :

Kode dibawah adalah kode yang digunakan untuk menampilkan data. pada REST API untuk menampilkan data kita menggunakan metode GET dan jika dalam kode dibawah maka akan berada pada method index_get

Silahkan buka postmannya dan jalankan di url dibawah dengan metode GET. URL bisa berbeda tergantung nama website dan server lokal kamu. jika kamu mengikuti tutorial saya maka url akan sama.

http://localhost/megatim1webapp/index.php/induksiswa

Dan ini menampilkan data dengan id tertentu, yaitu dengan menjalankan URL seperti berikut ini :

http://localhost/megatim1webapp/index.php/induksiswa?id_induksiswa=3456345

Untuk REST API metode GET seperti itu. dan sudah bisa di konsumsi di aplikasi client.

POST

Fitur yang digunakan untuk menambah data baru dan menyimpannya ke database mysql.

Penerapan metode POST dalam postman seperti ini.

PUT

Digunakan untuk fitur update data dalam database.

Penerapan PUT dalam postman seperti ini:

DELETE

Fitur yang terakgir yaitu delete, menghapus data yang sudah kita simpan dalam database

Penerapan dalam postman seperti berikut ini.

Untuk kode utuhnya seperti berikut ini :

Kesimpulan

Harapannya kamu sudah bisa mengetahui konsep dan arsitektur REST API. dan membuat REST API untuk bisa di konsumsi di aplikasi client. Sehingga apapun bahasa pemrogramannya kamu tetap bisa terhubung ke database dengan memanfaatkan URL pada REST API yang sudah kamu buat.

Sekian artikel dari saya dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *