Tutorial Membuat Game Android 2D Dengan Unity3d Bagian 2 : Membuat Project dan Konfigurasi Komponen

Pernahkan anda membayangkan mempunyai game dengan penghasilan yang jauh melebihi harapan anda..? Ya, disini kita akan mewujudkan itu. Betapa anda akan menikmati hasil dari kerja keras anda dari game. Tetapi itu tidaklah mudah. Maka dari itu silahkan pelajari teknik membuat game 2d dengan unity3d. Tutorial kali ini adalah tutorial lanjutan dari Tutorial membuat game android 2d dengan unity3d Bagian 1: komponen yang dibutuhkan untuk membuat game

Kemaren di tutorial bagian 1, kita sudah membahas mengenai peralatan apa saja yang digunakan untuk membuat game yang berjalan pada platform android.. Saya harap itu sudah anda lakukan. dan sudah selesai secara keseluruhan. Sekarang silahkan buka unity3d yang sudah anda instal.

Anda pasti akan mendapati halaman pertama kali seperti ini:

Membuat User Akun Unity3d

ya.. itu halaman muka awal setelah anda melakukan instalasi unity3d. Sekarang silahkan daftarkan email anda, buat sebuah akun pada unity3d cloud. fungsi cloud ini agar project anda juga tersimpan dan terdaftar di situs unity3d sesuai dengan nomor yang unik. Silahkan daftarkan terlebih dahulu email anda. Pastikan koneksi internet anda berjalan dengan baik

isi dengan benar formulir seperti gambar diatas. Maka anda akan menerima email notifikasi bahwa anda telah terdaftar di unity3dcloud dengan id aktivasi yang sudah di lampirkan dalam email. Sekarang kembali ke form login unity3d anda. Pastikan anda memasukkannya dengan benar

Membuat Project Baru

Nah sampai juga pada tahapan ini. Tahapan dimana kamu akan mulai merealisasikan ide-ide kamu dalam game. Sekarang coba ide game apa yang sedang akan kamu buat. Maukkan di project name. Pilih lokasi penyimpanan dan pilih 2D, karena kita akan membuat game 2d. jika anda ingin membuat game 3d maka anda harus mengaktifkan fitur 3dmode. Aktifkan enable unity analytics. lalu klik create project. Tunggu sampai kamu berada pada halaman utama unity3d.Gambar diatas adalah halaman kerja unity3d dengan mode 2D.

Keterangan dari angka-angka pada gambar sesuai dengan nomor yang di lingkari garis merah adalah seperti berikut:

  1. Adalah area dimana kumpulan dari berbagai komponen akan diletakkan, kemudian disatukan sehingga menjadi kesatuan yang dapat berfungsi. Komponen itu dapat di bentuk dalam sebuah scene. Jika anda seorang game level desainer, maka perlu untuk menguasai teknik pengelompokan komponan pada scene di unity3d.
  2. Nomor 2 adalah tempat dimana aset aset akan di tampilkan. aset ini meliputi sprites, script, sound kontrol animasi dan masih banyak lagi.
  3. Nomor 3 yaitu inspektor. Inspektor adalah area kerja sebagai propertis dalam sebuah object. Misalkan, pengaturan untuk sound, enemy, player dan masih banyak lagi
  4. Nomor 4 adalah area kerja yang berfungsi untuk merangkai dan menampilkan seluruh komponen yang telah disatukan.
  5. Toolbar dari program unity3d. Terdapat banyak fungsi salah satunya anda bisa mengatur layout unity3d sesuai keinginan anda.

Itu sedikit pengertian dari area kerja pada unity3d.

Sekarang kita langsung ke pokok permasalahan aja, yaitu klik kanan pada folder assets, pilih Create -> Folder

Cara diatas adalah langkah-langkah untuk membuat folder baru. Pada langkah ini anda juga bisa membuat berbagai macam kebutuhan game, diantaranya.. membuat animator controller, timeline, script c#, scene, prefab, sprites.. dan masih banyak lagi.

Saya menyarankan untuk langkah pertama ini anda harus sudah tahu terlebih dahulu cara pembuatan komponennya. Sekarang tinggalkan bagian ini.

Konfigurasi Komponen Pendukung

Ada beberapa komponen pendukung untuk pembuatan game yang berjalan pada platform android. Komponen ini wajib anda miliki. Silahkan baca

Tutorial membuat game android 2d dengan unity3d Bagian 1: komponen yang dibutuhkan untuk membuat game

Caranya klik edit pada unity3d anda. pilih preferences. Maka anda akan masuk kedalam jendela seperti ini.

Pilih External Tools tambahkan path Android SDK, JDK dan NDK. jika anda belum mempunyainya silahkan download terlebih dahulu. Silahkan baca artikel sebelumnya pada bagian 1.

( Baca : Tutorial membuat game android 2d dengan unity3d Bagian 1: komponen yang dibutuhkan untuk membuat game )

Kesimpulan

Masuk pada kesimpulan. Artikel ini adalah aspek dasar yang harus anda kuasai untuk dapat melangkah dalam pembuatan game kedepannya. Terutama jika anda ingin game yang anda buat berjalan pada platform android.

Artikel ini sengaja di khususkan buat anda yang akan fokus dalam membuat game menggunakan engine game unity3d, terutama game 2d yang berjalan pada platform android. Sekian semoga artikel ini memberikan manfaat buat anda walaupun sedikit, dan jangan lupa untuk terus mengikuti artikel tutorial ini di bagian 3.

(Baca : Tutorial Membuat Game Android 2D Dengan Unity3d Bagian 3 : Build and Run )

You May Also Like

About the Author: admin initekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *