Tutorial Membuat Game Android 2D Dengan Unity3d Bagian 3 : Build and Run

Selamat malam squad.. ya.. artikel ini saya tulis di malam hari sehabis pulang kerja. Bosan rasanya tidak ada aktivitas yang lebih baik selain menulis artikel dan membagikannya kepada anda. Pembahasan kali ini masih seputar tutorial pembuatan game android platform 2d dengan menggunakan engine game unity3d.

Pembahasan bagian 3 kurang lebih akan fokus pada pengaturan buil setting dan run. Jadi artinya kita sudah bisa langsung menjalankan project yang kita buat di smartphone kita.

Silahkan buat kalian yang belum baca artikel bagian 1 dan bagian 2. anda bisa memulai untuk mempelajari dari bagian 1. Karena dibagian 1 fokus pembahasan masih kepada kebutuhan peralatan yang digunakan untuk membangun game dari awal.

(Baca : Tutorial Membuat Game Android 2D Dengan Unity3d Bagian 1 )

(Baca: Tutorial Membuat Game Android 2D Dengan Unity3d Bagian 2 )

Dalam tahapan ini anda butuh smartphone android untuk menjalankan project anda langsung. Kemudian anda butuh kabel USB sebagai media transfer datanya. Pastikan anda menggunakan smartphone yang drivernya sudah terinstal pada komputer anda. Jika itu belum dilakukan silahkan tanya pada google driver dari type hp anda.

Dalam tutorial ini, saya menggunakan hp xiaomi mi 4 dengan resolusi full HD. dan prosesor snapdragon 801 dan RAM 2GB. Mungkin dengan spesifikasi seperti itu sudah cukup untuk menjalankan project game anda dari unity3d.

Sekarang coba buka unity3d anda. kemaren kita telah membuat project di unity. fokus pada project unity3d anda. klik file pilih build settings atau tekan CTRL+SHIFT+B. Maka anda akan mendapati tampilan seperti gambar dibawah ini:

klik Add Open Scenes untuk menambahkan scenes anda ke build in. jangan lupa pilih android pada pilihan platform.

Klik Player Settings maka akan muncul pada halaman inspektor player setting unity. Dari sini anda dapat menentukan Resolution and presentation, ikon pada game, splash image, pengaturan lain-lain, publishing setting dan pengaturan dukungan virtual reality.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini.

Kotak yang bergaris merah menandakan bahwa anda diwajibkan untuk melakukan konfigurasi wajib di pengaturan tersebut. Sekarang silahkan isi

  • Company name : isi dengan nama perusahaan anda. Contoh pengisian Company name: initekno
  • Product name : isi dengan nama project game yang sedang anda buat. Contoh pengisian Product name : Dark Office

sekarang berlahir ke other settings.

Pada pilihan identification isikan

  • Package name : nama paket anda. biasanya berisi awalan nama domain nama project game kemudian diikuti nama company. Contoh package name: com.darkoffice.initekno

Jika semuanya sudah terisi dengan baik. Maka selanjutnya hubungkan kabel USB smartphone anda ke komputer.

Aktifkan mode opsi pengembang di hp anda. Dan aktifkan juga Debugging USB. Sehingga nantinya SDK android akan langsung membaca smartphone anda.

sekarang langkah terakhir. Tekan Build and Run tunggu beberapa saat hingga game anda berjalan pada smartphone anda. biasanya icon unity3d muncul pada menu utama smartphone. Sekarang jalankan game anda. sebelum masuk kedalam game, anda pasti akan menjumpai splash bawaan unity3d. Itu karena kita belum melakukan konfigurasi untuk splash screen

Untuk icon game juga nantinya perlu konfigurasi. intinya setidaknya anda mempunyai gambaran terlebih dahulu untuk merubah pengaturan build in pada unity3d sehingga game dapat di jalankan di berbagai macam platform.

Kesimpulan

Ternyata membuat game itu tidaklah sulit jika kita tahu teknik dan peralatan untuk membuatnya. Harapan penulis, anda bisa mendapatkan ilmu setelah membaca artikel ini. Artikel ini juga dapat digunakan di semua kalangan khususnya pada pengembang game dan pengajar yang sedang mengajarkan tentang materi game dasar.

Nantikan artikel selanjutnya di Tutorial membuat game android 2d dengan unity3d bagian 4 : Scripting

Jika kalian mengalami kesulitan silahkan bertanya pada kolom komentar yang sudah disediakan.

You May Also Like

About the Author: admin initekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *