Tutorial Membuat Game Android 2D Dengan Unity3d Bagian 4 : Scripting

Kali ini pembahasan akan menitik beratkan pada penulisan kode program atau istilah kerennya scripting. Dalam dunia development game, scripting adalah aktivitas yang harus anda kuasai. salah satunya dengan penguasaan script bahasa pemrograman secara mendasar. di sini kita akan menggunakan 2 bahasa pemrograman yang di gunakan oleh unity3d untuk melakukan kontrol game. yaitu C# (dibaca c-sharp ) dan Javascript.

Kita tahu bahwa unity3d memberikan beberapa pilihan penggunaan bahasa pemrograman  diantaranya c-sharp, javascript dan boo. kenapa demikian?.. kalau dari analisa yang saya tangkap, unity ingin memberikan kelengkapan dan kemudahan dalam hal dokumentasi maupun pemilihan bahasa pemrograman, tetapi hal itu terbukti benar, dengan semakin banyaknya pengguna unity3d menandakan bahwa engine ini adalah engine sejuta umat.

Dari sini saya menyimpulkan, bahwa fitur yang dimiliki engine unity3d memang benar-benar komplit baik dari sisi dokumentasi video maupun dokumentasi tertulis di situs resminya.

Sekarang coba buka kembali project unity yang pernah anda buat di tutorial sebelumnya, tepatnya tutorial unity3d bagian 2.

( Baca : Tutorial Membuat Game Android Dengan Unity3d Bagian 2 : Membuat Project dan Konfigurasi Komponen )

Saya harap anda sudah membaca dengan lengkap tutorial unity3d di bagian 1 dan 2. Sehingga tidak menyulitkan anda untuk dapat mengikuti artikel di bagian ini. Karena artikel ini sangat terkait dengan artikel sebelumnya, tentang tutorial pembuatan game android 2d di unity3d.

Baiklah mulai dengan klik kanan pada assets pilih create, pilih dan klik folder. Maka dalam tab project akan terbentuk folder baru, beri nama folder tersebut dengan script.

Kemudian ulangi langkah pembuatan folder tadi, Buat folder baru kembali, dan beri nama sprites. ok…kali ini kita mempunyai 2 folder dalam tab project. Folder pertama yaitu

  1. Script
  2. Sprites

Folder script berguna sebagai wadah untuk meletakkan semua komponen kode program yang nantinya kita buat. Anda juga bisa menambahkan sub folder baru dalam folder script. Untuk lebih memperjelas lihat gambar di bawah ini

Folder sprites berguna sebagai penampung komponen object game, komponen ini berupa file sprites png. Kamu juga bisa menambahkan sub folder di sini. Untuk lebih jelasnya lihat kembali gambar di bawah ini:

Sekarang pembahasan kita fokus kedalam modul scripting. Sekarang coba buat 2 file c# script. caranya klik kanan folder script yang tadi telah kita buat. pilih create. pilih dan klik c# script. beri nama script tersebut dengan nama hero dan musuh.

secara default script akan terlutis seperti ini baik hero maupun script musuh. Ini adalah script awal yang harus anda pelajari.

Public class hero : adalah nama class dari script hero.

void Start : adalah method yang terdapat dalam class hero. method ini berfungsi untuk mengatur object komponen. contohnya destroy.gameObject

void Update : sama halnya dengan void start. ini merupakan method yang terdapat dalam class hero, berfungsi untuk menjalankan event dalam game, contohnya event kontrol input.getButtonUp maupun event touch.

#Kesimpulan

Dari kesimpulan yang di dapat kali ini adalah, bahwa penulisan script dalam game adalah jantung dari setiap liku-liku game. akan bagaimana alur dan kontrol sebuah karakter dan object dalam game, melainkan di tentukan oleh script yang tertanam dalam game tersebut.

Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan serta menumbuh kembangkan minat anda untuk mendalami dunia game development, khususnya di platform mobile. Selamat membaca dan jangan lupa ikuti tutorial selanjutnya.

You May Also Like

About the Author: admin initekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *