Tutorial Nodejs Untuk Pemula #Bagian 1

Assalamualaikum para pengunjung blog initekno.com. Teknologi di bidang pemrograman terus mengalami pertumbuhan yang pesat, hal ini terbukti dengan munculnya nodejs sebagai alat untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak baik di sisi server side maupun client side, tentu saja ini sangat memberikan efektifitas dalam hal pembelajaran. kita ambil contoh, dengan nodejs anda tidak membutuhkan server lokal tambahan seperti nginx, maupun apache. kemudian nodejs menggunakan bahasa pemrograman scripting yang sampai saat ini bahasa tersebut menjadi bahasa dengan pengguna tertinggi di dunia, kita sebut saja javascript.

Sudah pasti dengan menggunakan nodejs waktu yang digunakan untuk belajar tidak banyak, dengan mendalami dasar-dasar javascript dan sedikit peraturan penulisan code dalam nodejs, anda sudah dapat membuat sebuah sistem yang berjalan sempurna dengan satu alat.

Selama ini yang kita tahu bahwa bahasa pemrograman yang berjalan di sisi client dan sisi server itu berbeda. Contoh saja, bahasa yang berjalan di sisi client yaitu javascript. Sedangkan bahasa yang berjalan di sisi server atau yang pemrosesan datanya di balik layar yaitu PHP, ASP, C#, Ruby dan masih banyak lagi bahasa-bahasa yang berjalan di sisi server side.

Naaah… dengan adanya nodejs ini justru menjadi angin segar buat para developer mobile maupun desktop yang ingin migrasi ke website development. Pasalnya ada segudang fitur yang tertanam dalam nodejs yang tidak dimiliki oleh kompetitornya, bahkan sampai saat ini belum ada teknologi seperti nodejs.

Kita ambil contoh sederhana.

si budi mendapat pyoyek pembuatan website dari perusahaan A, si budi sama sekali belum mengetahui teknologi apa yang akan digunakan untuk membuat website tersebut

Ada beberapa teman menyarankan untuk menggunakan bahasa pemrograman PHP. otomatis si budi harus belajar dari awal, karena sebelumnya dia adalah programmer desktop. dari contoh kasus diatas berarti si budi membutuhkan beberapa tool tambahan diantaranya yaitu web server lokal, penyimpanan data, text editor, bahasa pemrograman yang berjalan di sisi server side dan bahasa pemrograman yang berjalan di sisi client side. tak lupa pemanisnya yaitu css dan kerangka formnya yaitu html.

dari sini sudah saya pastikan bahwa kebanyakan waktu budi digunakan untuk belajar terlebih dahulu. sebab dengan menggunakan pemrograman cara tradisional tentu saja akan banyak komponen yang harus di mengerti terlebih dahulu.

Kemudian di hari setelah itu budi mendapat saran dari seorang teman di kantornya bahwa ada teknologi yang sedang populer di kalangan developer website, yaitu nodejs. Teman tersebut menceritakan beberapa kelebihan menggunakan nodejs :

Nodejs berjalan menggunakan 1 bahasa pemrograman yaitu javascript, jadi si budi nantinya hanya belajar 1 bahasa pemrograman saja untuk dapat membuat website yang bisa menangani proses client side dan server side. berarti si budi tidak harus mempelajari bahasa PHP untuk bahasa server sidenya.

kemudian

Nodejs menyediakan paket http sebagai server lokal. berarti si budi tidak perlu belajar apache ataupun nginx

Dari sini budi mendapatkan peralatan yang sedikit belajar tapi dengan fungsi yang sama seperti menggunakan pemrograman cara lama.

#Instalasi Nodejs

Untuk dapat menggunakan nodejs kamu harus download terlebih dahulu di situs resminya. disini saya menggunakan versi 8.10.0 LTS. Langkah awal buka file download nodejs yang sudah kamu download.

  1. Klik Next

2. Klik I accept dan klik next

3. Langkah ketiga yaitu pilih direktori pemasangan, untuk bagian ini biarkan saja. Kemudian klik Next

4. Klik Next aja

5. Klik Install

6. Tunggu sampai proses selesai

7. Dan terakhir klik finish

Mudah bukan untuk memulai belajar dengan nodejs.

Selanjutnya sekarang coba buka Command Prompt. Untuk bekerja dengan Command Prompt caranya mudah, jika anda pengguna windows tekan aja dalam kolom pencarian kemudian tekan CMD.

Tuliskan node – v dan npm – v

Gambar diatas menandakan bahwa komponen untuk memulai pengembangan dengan nodejs sudah terpasang. sekarang saya akan mengajak untuk menampilkan tulisan hello dunia dengan nodejs.

Buka text editor kesukaan anda, Silahkan baca

( Baca : 7 Text Editor Populer Programmer di Tahun 2018 )

#Menampilkan Tulisan Dengan Nodejs

Buat sebuah file baru bernama cobanodejs.js Tulis kode seperti dibawah ini.

Jangan lupa simpan sesuai ditektori keinginan kamu. Kali ini file cobanodejs saya simpan pada direktori C. Untuk menjalankan kode diatas anda harus berada pada jendela Command Prompt tadi. Jangan lupa arahkan terlebih dahulu ditektorinya ke C dengan cara ketik cd c:/

Ketik node cobanodejs.js untuk menjalankan script dasar nodejs yang telah kita buat tadi.

Jika tulisan Hello dunia sudah tampil pada Command Prompt seperti gambar di atas, berarti kamu sudah berhasil dan bisa memulai pengembangan dengan nodejs.

#Menjalankan Server di Nodejs

Salah satu yang saya sukai dari nodejs adalah fitur untuk membuat server sendiri. Berbeda jika menggunakan bahasa pemrograman lain yang mereka masih menggunakan server pihak ketiga seperti apache maupun nginx.

Kali ini masih di dalam direktori C:/, Buat folder baru dengan nama cobanodejs tambahkan file baru dengan format javascript. jangan lupa beri nama dengan server.js dan tuliskan kode seperti berikut ini:

Silahkan masuk pada direktori file server.js yang telah kita buat, dengan cara masuk ke mode cmd. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya :

Pastikan telah muncul tulisan Server running at http://127.0.0.1:1337

kemudian buka browser kalian dan tuliskan http://localhost:1337/ maka hasilnya akan menjadi seperti berikut ini:

Jika tulisan muncul seperti pada tampilan browser. Selamat… kamu telah berhasil membuat server sendiri dengan menggunakan nodejs.

#Kesimpulan

Saya mengambil kesimpulan bahwa untuk dapat mengguasai teknik pemrograman dengan nodejs anda setidaknya minimal harus paham apa itu javascript, cara kerja javascript dan aturan dasar penulisan dalam javascript.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang perkembangan dunia pemrograman, khusunya website. seperti biasa, artikel ini dapat dijadikan acuan untuk pembelajaran di bidang akademisi maupun para otodidak.

You May Also Like

About the Author: admin initekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *