Pentingnya Belajar Variabel dan Tipe Data di Javascript

Melanjutkan artikel javascript kemarin, tentang pentingnya belajar javascript di tahun 2018. Kali ini saya akan beranjak kedepan untuk terus melangkah demi menyelami dunia javascript aseek..Kali ini pembahasan terbatas pada lingkup variabel dan tipe data saja. Tentunya dalam javascript ya..

( Baca : Pentingnya Belajar Pemrograman Javascript di Tahun 2018 )

Ada beberapa pokok mendasar dalam belajar variabel dan tipe data di javascript. Yang pertama harus kamu tau.. apa itu variabel? dan apa itu tipe data?. Untuk lebih jelasnya baca terus tulisan dibawah ini.

1. Pengertian Variabel

variabel adalah penyimpanan sebuah data dalam bentuk sementara, data itu berupa teks maupun angka. Untuk mendeklarasikan variabel anda bisa menggunakan awalan seperti dibawah ini:

Kemudian variabel di bedakan menjadi 2, Lokal dan Global..dimana variabel lokal hanya dapat di akses di dalam fungsi yang masih berkaitan saja. semisal :

Sedangkan variabel global adalah variabel yang tidak menyertakan kata var di depannya. Semisal

2. Membuat Variabel

Tidak rumit untuk membuat variabel dalam javascript, asalkan kamu mengetahui teknik penulisan variabel yang benar. Variabel dalam javascript tidak perlu di jabarkan tipe datanya. Karena javascript akan otomatis mengetahui type data apa yang cocok untuk isi dari variabel yang kamu buat.

3. Mengisi Variabel

Dalam memberikan nilai yang akan ditampung dalam variabel haruslah sesuai dengan kapasitas tipe data yang digunakan. Setelah anda mendefinisikan variabel kosong, kemudian sekarang coba isi variabel tersebut dengan sebuah nilai. Contoh :

4. Berkenalan Dengan Tipe Data

Dalam javascript ada beberapa tipe data yang wajib kalian ketahui diantaranya yaitu:

  1. String
  2. Number
  3. Boolean
  4. Array
  5. Object
  6. Function
  7. Undefined
  8. dan Null

5. Aturan Dalam Penulisan Variabel

Dalam menuliskan variabel tidak serta-merta harus sembarangan, karena ada aturan main dalam penulisan variabel dalam javascript. contohnya bisa kamu lihat di bawah ini:

Intinya aturan penulisannya hanya ada 3 poin penting

  1. Nama variabel di awali dengan huruf
  2. Nama variabel juga bisa di awali dengan $ (dolar) atau _ (underscore)
  3. Bedakan memberikan nama variabel y dan Y. Karena tidak sama, sebab penulisan variabel ini bersifat case sensitif. Artinya besar kecil huruf berpengaruh dalam penulisan kode program yang baik dalam javascript

# Kesimpulan

Dengan mengetahui tentang variabel dan tipe data, setidaknya kalian akan memperkuat fondasi skill pemrograman yang mungkin kedepannya akan sangat berpengaruh dalam kehidupan dan pekerjaan kamu 1 atau 5 tahun mendatang.

Sebagai seorang yang awam di bidang pemrograman javascript, saya juga merasa selalu kurang dalam mempelajari javascript. karena lingkup pembelajaran javascript sangatlah luas. Sehingga tidak akan selesai dan mahir hanya dalam hitungan jam, bahkan hari. Mungkin bisa berbulan-bulan lamanya untuk kamu menguasai dasar-dasar dari javascript. Khususnya materi ini variabel dan tipe data memang harus paham betul.

You May Also Like

About the Author: admin initekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *